Dongeng Menuju Buka Bersama Anak-anak Tambak Lorok

Dongeng Menuju Buka Bersama Anak-anak Tambak Lorok
Para peserta menyimak dongeng yang dibacakan. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Ngabuburit lebih efektif jika dilalui dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif. Salah satunya mengadakan acara buka bersama masyarakat seperti yang dilakukan KMSI Undip.

Inibaru.id – Menanti waktu berbuka puasa atau acap disebut ngabuburit akan terasa lebih seru jika dilewatkan dengan kegiatan-kegiatan positif. Misalnya dengan melakukan kegiatan pengabdian untuk masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh Keluarga Mahasiswa Sastra Indonesia (KMSI) Undip belum lama ini. Mereka menyelenggarakan acara bertajuk Dongeng Menuju Buka di Kampung Bahari, Tambak Lorok, Semarang.

Salah seorang peserta lomba mewarnai.(Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Anak-anak di sana menjadi target pesertanya. Sesuai rencana, nggak kurang dari dua puluhan anak terlihat bersemangat mengikuti rangkaian acara yang telah dirancang oleh KMSI.

Acara tersebut dibuka dengan lomba-lomba yang diikuti oleh anak-anak Tambak Lorok. Selanjutnya mereka diajak untuk mendengarkan dongeng seputar kehidupan sehari-hari. Dongeng yang disampaikan nggak jauh dari pesan moral dan ajaran untuk selalu berbuat baik.

Peserta menyimak rangkaian acara. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Selain untuk menunggu waktu berbuka, melalui dongeng tersebut diharapkan para peserta dapat mengambil intisari cerita dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Antusiasme peserta tergambar jelas selama pembacaan dongeng. Sesekali mereka memberikan reaksi terhadap kisah yang disajikan. Beberapa di antaranya terlihat khusyuk menyimak cerita. Semangat kian melonjak saat panitia menghadirkan sesi tanya-jawab berhadiah. Masing-masing anak berlomba menjadi pemenangnya.

Peserta menyimak film animasi yang diputarkan. (Inibaru.id/ Mayang Istnaini)

Seusai pembacaan dongeng, acara berlanjut dengan menonton film edukasi bersama. Film animasi Nussa menjadi pilihannya. Animasi bernapaskan Islam itu dianggap cocok untuk memberikan edukasi terutama di momen ramadan seperti sekarang ini.

Acara sore itu ditutup dengan kegiatan buka bersama. Baik panitia maupun peserta menyatu bak kawan lama. Yap, jika dilalui dengan kegiatan-kegiatan yang positif, waktu menunggu buka tentu nggak akan terasa lama. Jadi, apa agenda ngabuburitmu hari ini? (Mayang Istnaini/E05)