Longsor di Brebes Akibatkan Lima Orang Meninggal

Longsor melanda Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. Sebanyak lima orang dikabarkan meninggal akibat bencana ini.

Longsor di Brebes Akibatkan Lima Orang Meninggal
Kondisi longsor yang terjadi di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes. (BNPB)

Inibaru.id – Setelah banjir menggenangi tiga kecamatan di Kabupaten Brebes pada 12 Februari 2018 lalu, longsor ganti menghampiri kabupaten yang terletak di ujung barat pantura Jawa Tengah tersebut. Kawasan hutan produksi BKPH Salem petak 26 RPH Babakan di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes longsor. Kejadian diperkirakan terjadi pada Kamis (22/2/2018) pukul 08.00 WIB.

Hujan yang intens selama beberapa hari terakhir disinyalir menjadi penyebab longsor kali ini. Longsor juga turun hingga ke persawahan warga sehingga petani yang berada di sawah menjadi korban longsor.

Baca juga:
Kebakaran di Mal Kudus Baru Padam Setelah Beberapa Jam
Ada Ular Sanca di KA Kertajaya, Punya Siapa?

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengungkapkan, lima orang tewas, 14 orang luka-luka, dan belasan orang hilang, sebagaimana ditulis Kompas.com, Kamis (22/2).

Saat ini tim SAR gabungan dari BPBD, Basarnas, TNI, Polri, PMI, Tagana, relawan, dan masyarakat masih melakukan evakuasi korban. Perawatan korban masih dilakukan di Puskesmas Bentar Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Brebes.

Masyarakat dilarang mendekati lokasi karena kondisi tanah yang masih labil sehingga dinilai membahayakan. Tanah yang tebal dan luas menyulitkan upaya evakuasi. Cuaca mendung juga membuat proses pencarian korban terkendala.

Baca juga:
Tagar #NovelKembali Sambut Kepulangan Novel Baswedan
Erupsi Bertubi-tubi Sinabung setelah “Tidur” Panjang

“Cuaca masih mendung dan berpotensi hujan jadi sulit mencari korban,” ujar Sutopo.

Selain mengakibatkan korban jiwa, longsor kali ini juga menutup jalan provinsi antara Kecamatan Salem dengan Banjarharjo.(IF/GIL)