Liverpool Cetak Rekor Gol Terbanyak Sepanjang Liga Champions

Liverpool dinyatakan lolos ke babak final Liga Champions setelah mengalahkan AS Roma di babak semifinal. Nggak hanya lolos ke babak final, Liverpool juga mencetak rekor baru sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang Liga Champions.

Liverpool Cetak Rekor Gol Terbanyak Sepanjang Liga Champions
Liverpool merayakan kelolosan ke babak final Liga Champions (AP Photo/Alessandra Tarantino)

Inibaru.id – Liverpool dinyatakan lolos ke babak final Liga Champions meski menelan kekalahan 4-2 dari AS Roma pada leg kedua semifinal. Juara lima kali Liga Champions ini unggul agregat gol 7-6 sehingga berhak melawan juara bertahan Real Madrid di Stadion NSC Olimpiyskiy, Kiev, Ukraina, 27 Mei mendatang.

Banyak penikmat sepak bola yang mengaku puas melihat pertarungan antara Liverpool dengan AS Roma di babak semifinal pada Kamis (3/5/2018) dini hari. Bagaimana tidak, Liverpool menciptakan 13 gol hanya dalam dua pertandingan. Pada leg pertama yang berlangsung di Anfield, Liverpool unggul 5-2 sebelum akhirnya dibalas oleh AS Roma dengan skor 4-2 pada laga tandang.

Goal.com, Kamis (3/5/2018) menulis, dua gol yang dicetak Liverpool di Stadio Olimpico membuat The Reds kini memegang rekor gol terbanyak yakni 46 gol dalam satu musim kompetisi Liga Champions. Dengan perolehan itu, Liverpool unggul satu gol dari Barcelona yang selama ini memegang rekor gol terbanyak yakni 45 gol dari 16 pertandingan pada musim 1999/2000.

Penyerang Liverpool, Mohamed Salah. (Gilabola.com)

Rekor gol Liverpool itu memang dihitung sejak babak kualifikasi, padahal, banyak klub besar yang tak perlu melalui babak kualifikasi dan baru memulai kompetisi sejak fase grup. Namun, tetap saja jumlah 46 gol dari 14 pertandingan cukup membuktikan lini serang Liverpool sangat mengerikan, apalagi jika mereka mampu kembali mencetak gol di babak final nantinya.

Bila gol dari babak kualifikasi dihapus, Liverpool memang hanya mencetak 40 gol, namun, catatan gol Barcelona dengan 45 gol terjadi saat Liga Champions masih mengadopsi dua kali fase grup. Sementara itu, jumlah gol yang dicetak oleh Real Madrid saat menjalani musim 2013/14 adalah 41 gol dari 13 pertandingan.

Rekor lain yang didapatkan Liverpool berasal dari trisula maut lini serangnya yang diisi Mohamed Salah, Roberto Firmino, dan Sadio Mane. Ketiga pemain itu mencetak 29 gol dalam satu musim Liga Champions. Salah dan Firmino masing-masing mencetak 10 gol, sementara Mane menguntit di belakang mereka dengan 9 gol. Rekor gol ini melampaui catatan trisula lini serang Real Madrid yang berisi Cristiano Ronaldo, Gareth Bale, dan Karim Benzema saat menjalani musim 2013/14 dengan 28 gol.

Wah, mantap jiwa ya, Millens. (IB09/E04)