Lokasi Gerai Selalu Berdekatan, Ada Apa dengan Indomaret dan Alfamart?

Lokasi Gerai Selalu Berdekatan, Ada Apa dengan Indomaret dan Alfamart?
Lokasi gerai Indomaret dan Alfamart seringkali berdekatan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kalau kamu cermati, di banyak lokasi gerai Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan. Mereka seperti langsung bersaing tanpa malu-malu. Apa alasannya, ya?

Inibaru.id – Kamu pernah menyadari nggak kalau lokasi gerai Indomaret dan Alfamart selalu berdekatan. Terkadang, lokasinya berseberangan, terkadang bahkan langsung berjejeran. Mengingat produk yang dijual di dalam gerai keduanya hampir sama, mengapa lokasinya sering berdekatan, ya?

Kedua jenama minimarket lokal ini memang memiliki persaingan sengit untuk menggaet pelanggan. Mereka bahkan seperti nggak malu-malu menunjukkan persaingan ini dengan menempatkan posisi gerainya berdekatan di banyak tempat. Menariknya, masing-masing nggak ada yang mempermasalahkan kedekatan lokasi gerai-gerai pesaingnya. Mereka seperti siap bersaing dengan sehat.

Nah, konsep minimarket yang berupa swalayan mini ternyata disukai masyarakat Indonesia. Mereka tinggal memilih sendiri barang yang akan dibeli. Harganya juga sudah tertera di bawah barang yang dijajakan. Otomatis, keputusan untuk membeli atau nggak benar-benar di tangan pelanggan.

Hal ini berarti, jika ada minimarket yang berdiri di suatu daerah, otomatis akan langsung didatangi pembeli. Meskipun yang berdiri adalah dua jenama minimarket yang berbeda dengan lokasi yang dekat, tetap saja pasti akan ada pelanggan yang datang. Jadi, pelanggan tinggal memilih saja minimarket mana yang ingin didatangi.

Bisnis Retail Semakin Menggeliat di Indonesia

Bisnis minimarket di Indonesia memang sangat menjanjikan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Bisnis minimarket di Indonesia memang sangat menjanjikan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kamu tahu nggak alasan mengapa minimarket seperti Indomaret dan Alfamart semakin menjamur? Hal ini ternyata disebabkan oleh bisnis retail yang memang semakin meningkat di Indonesia. Masyarakat senang dengan adanya tempat untuk membeli makanan, jajanan, minuman, produk kebersihan, dan lain-lain. Apalagi, kini banyak orang bepergian. Mereka pun cenderung membeli kebutuhannya di minimarket.

Hal ini juga jadi alasan lain mengapa Alfamart dan Indomaret nggak ragu lokasinya berdekatan. Mereka tahu kalau pasar mereka sangat besar, lebih jauh dari wilayah tempat gerainya berdiri. Intinya sih, mereka nggak bakal kehabisan konsumen, deh.

Kabarnya, gerai Indomaret di Indonesia sudah melebihi 3 ribu tempat. Jumlah gerai Alfamart hanya sedikit lebih sedikit. Nah, karena tahu bisnis ini semakin menguntungkan, keduanya seperti nggak ragu lagi untuk terus menambah gerai di lokasi-lokasi potensial namun belum terjamah.

Yang menarik adalah, Indomaret dan Alfamart membawa keunggulan sendiri-sendiri. Ada yang lebih mengandalkan harga barang-barang yang lebih murah, diskon di waktu-waktu tertentu, pelayanan yang lebih ramah, hingga suasana gerai yang lebih nyaman atau luas.

Sejumlah gerai bahkan sengaja membuat grup Whatsapp yang isinya adalah informasi terkait dengan diskon terbaru di gerainya. Sementara itu, banyak gerai Indomaret yang sudah menyediakan pamflet terkait dengan hal ini.

Kini, minimarket juga sering disulap jadi semacam rest area bagi mereka yang sedang dalam perjalanan. Minimarket juga bisa dijadikan tempat nongkrong yang nyaman.

Kalau lokasi Indomaret dan Alfamart berdekatan, biasanya kamu lebih suka masuk dan membeli barang di minimarket yang mana nih, Millens? (Idn/IB09/E05)