Lokasi Asli Desa Gongjin di Drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha, Beneran Indah!

Lokasi Asli Desa Gongjin di Drama Korea Hometown Cha-Cha-Cha, Beneran Indah!
Desa Gongjin di drakor Hometown Cha-Cha-Cha aslinya di Kota Pohang. (Creatrip)

Nggak hanya Squid Game, drakor Hometown Cha-Cha-Cha juga menarik perhatian warganet Indonesia. Lokasi Desa Gongjin yang ada di drakor ini ternyata ada di dunia nyata, lo. Di mana, ya?

Inibaru.id – Selain drama Korea (drakor) Squid Game, warganet Indonesia juga banyak yang menonton drakor Hometown Cha-Cha-Cha. Nah, di drakor yang disebut terakhir, pasti kamu nggak asing dengan Desa Gongjin, desa fiktif yang jadi lokasi utama drama tersebut. Kamu tahu nggak kalau desa ini beneran ada di dunia nyata, lo?

Beda dengan drakor-drakor lain yang penuh aksi atau intrik, Hometown Cha-Cha-Cha dianggap sebagai drama yang damai dan menenangkan pikiran. Desa Gongjin yang ada di tepi pantai juga dianggap sangat tenang. Nah, menariknya, desa ini lokasinya ada di kota, lo, malahan di salah satu kota terbesar di Korea Selatan.

Desa ini sebenarnya masuk dalam wilayah Kota Pohang, Provinsi Gyeongsang Utara, sisi timur Korea. Lokasinya jauh dari Seoul, tepatnya 272 km dari Ibu Kota Korea Selatan. Meski begitu, Pohang dekat dengan kota besar lainnya, Busan, dan juga bersebelahan dengan kota yang penuh dengan peninggalan budaya Korea kuno, Gyeongju.

Salah satu lokasi di Desa Gongjin yang menarik perhatian penggila drakor Indonesia adalah Pantai Wolpo. Pantai dengan pasir berwarna cokelat muda ini sudah bisa kamu nikmati sejak episode pertama, tepatnya saat tokoh Yoon Hye-jin dan Hong Du-sik bertemu untuk kali pertama.

Menariknya, pantai ini ternyata salah satu destinasi wisata paling populer di Pohang, lo. Apalagi, panjang pantai ini mencapai 900 meter. Puas deh main pasir dan air di sana. Maklum, ombaknya juga nggak begitu besar.

Desa Gongjin ada di Pohang yang lokasinya dekat dengan pantai. (creatrip)
Desa Gongjin ada di Pohang yang lokasinya dekat dengan pantai. (creatrip)

Tapi, jangan bayangkan pantai ini bakalan sepi seperti di drakor Hometown Cha-Cha-Cha ya. Karena aslinya destinasi wisata populer, pantainya bakal sering ramai, khususnya di musim panas.

Selain di Pantai Wolpo, penggemar drakor ini pasti nggak asing dengan Pelabuhan Yangpo. Kalau yang ini sih lokasi di mana Yoon Hye-jin sempat bekerja untuk mengembalikan uang 4000 Won ke Hong Du-sik.

Pelabuhan ini memang aslinya tempat pelelangan ikan dan tempat para nelayan berkumpul usai mencari ikan. Duh, kebayang, pasti bisa membeli ikan segar dengan harga terjangkau di sana, ya Millens.

Ada juga lokasi lain seperti Mercusuar Daepohang yang lokasinya dekat dengan Pelabohan Yangpo serta Pasar Cheongha yang sering dijadikan tempat jual beli masyarakat Desa Gongjin. Oh iya, kalau soal Pasar Cheongha ini, ternyata sudah ada sejak 1920-an, lo. Lokasinya ada di Minam-ri, Cheonga-myeon, Buk-gu, Pohang.

Meski kota besar, Pohang yang menjadi pusat industri baja di Korea Selatan ini jelas nggak seramai atau sepadat Seoul dan Busan. Jadi, nggak ada salahnya juga untuk main ke sana, Millens. Tertarik? (Hip/IB09/E05)