Liverpool Dilarang Pakai Kostum Baru di Final Liga Champions

Liverpool Dilarang Pakai Kostum Baru di Final Liga Champions
Kostum terbaru Liverpool. (Twitter/LFC)

Banyak tim yang sengaja memakai kostum baru di akhir musim sebagai ajang promosi. Namun, Liverpool dipastikan nggak boleh memakainya di partai Final Liga Champions, pada 1 Juni mendatang.

Inibaru.id – Menjelang akhir musim 2018-2019, banyak tim yang sengaja memakai kostum baru sebagai ajang promosi, termasuk Liverpool. Namun, UEFA dengan tegas melarang anak asuh Jurgen Klopp itu memakai kostum baru di partai final Liga Champions nanti.

Laman Bolasport, Sabtu (18/5/2019) menulis, sejak April 2019, Liverpool sudah merilis jersey baru untuk musim depan yang memiliki gaya khas 1980-an. Kostum ini langsung mendapatkan respons positif pendukungnya. Banyak orang yang memperkirakan kostum ini dipakai pada laga terakhir kandang musim ini melawan Wolverhampton. Namun, Liverpool justru memilih untuk tetap memakai kostum lamanya.

Hal ini membuat banyak orang berspekulasi kostum baru itu akan di partai final Liga Champions melawan Tottenham. Namun, prediksi itu dipastikan nggak akan terjadi karena UEFA telah melarangnya.

Otoritas sepak bola Eropa menyebut kostum yang dipakai di babak final haruslah kostum yang sama sebagaimana yang didaftarkan di awal musim. Hal ini bisa menjadi pengecualian bila ada pergantian sponsor utama.

Nggak hanya kostum, nomor punggung pemain juga nggak bisa diubah-ubah. Meskipun ada bursa transfer pemain di musim dingin, nomor punggung yang sudah didaftarkan sejak awal musim hanya bisa dipakai satu pemain saja.

Karena alasan inilah pemain Arsenal, Henrikh Mkhitaryan memakai dua nomor punggung yang berbeda pada musim 2017-2018, yakni 77 di Liga Europa dan 7 di Liga Inggris. Hal ini disebabkan nomor punggung 7 sudah dipakai Alexis Sanches yang kemudian pindah ke Manchester United.

Terakhir kali tim memakai seragam baru di partai final Liga Champions adalah Bayern Muenchen di partai final musim 2009-2010 melawan Internazionale Milan. Saat itu, Bayern memakai kostum garis-garis merah putih, berbeda dengan kostum dengan dominasi warna merah yang dipakai sepanjang musim.

Omong-omong, jersey baru Liverpool keren nggak sih menurut Millens? (IB09/E04)