Pilih Skin Care atau Make Up?

Pilih Skin Care atau Make Up?
Skin care versus makeup. (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Make up memang menarik karena bisa menunjang penampilan. Namun, skin care juga penting bagi kesehatan kulit. Nah, antara keduanya, mana yang lebih kamu prioritaskan?

Inibaru.id – Nggak dimungkiri kalau penggunaan skin care untuk menjaga kesehatan kulit memang dibutuhkan. Namun, make up juga nggak sepi peminat. Sejumlah orang bahkan memakai keduanya untuk menunjang penampilan mereka.

Secara umum, skin care dapat diartikan sebagai perawatan kulit, khususnya wajah, dengan produk-produk khusus. Nah, diiringi kesadaran bila skin care lebih berpengaruh untuk kesehatan kulit dalam jangka panjang, Atria Primayanda lebih memilih skin care daripada make up. Selama ini, produk yang kerap dia gunakan adalah pelembab aloe vera dan masker.

Menurut Atria, pemakaian skin care terbukti membantu untuk menyehatkan kulitnya. Kulit wajah Atria yang awalnya berminyak, kini nggak gampang berminyak tapi juga nggak terlalu kering.

“Kalau skin care rutin dipakai, kulit bisa kelihatan lebih sehat dan cerah meskipun nggak pakai make up,” kata mahasiswa Universitas Diponegoro ini.

Pilih skin care atau makeup? (Youtube.com)

Berbeda dari Atria, Anita Tutut Budianti mengaku lebih memprioritaskan make up. Ini karena dia hobi bereksperimen dengan make up. Perempuan asal Kudus itu senang mengimprovisasi kemampuan dirinya dengan mendandani diri sendiri maupun mendadani teman-temannya.

“Aku nggak banyak pakai skin care karena aku nggak begitu telaten merawat diri. Paling cuma pelembap yang ada SPF-nya sebagai dasar make up. Namun, untuk orang yang berkulit sensitif, pemakaian skin care itu penting,” tutur Anita.

Menanggapi hal tersebut, salah seorang Make Up Artist (MUA) Semarang Devi Anggarani mengaku lebih senang menggunakan skin care. Sebagai orang yang saban hari bergelut dengan make up, Devi menganggap make up terlalu berat untuk diaplikasikan di wajahnya setiap hari. Devi pun hanya memakai make up untuk acara tertentu saja.

“Untuk perempuan yang kerja di kantor dan diharuskan memakai make up, lebih baik pakai kosmetik yang ringan di wajah, mulai dari foundation dan sebagainya. Namun, asalkan rajin membersihkan wajah dan treatment atau facial sebulan sekali, nggak apa-apa karena dengan begitu sisa make up yang menempel dan kulit mati di wajah bisa terangkat bersih,” jelasnya.

Yap, pada akhirnya semua keputusan ada di tanganmu, Millens. Ada baiknya kamu memakai produk-produk tersebut sesuai kebutuhan. Eits, tentunya perhitungkan bujet terlebih dahulu ya. He-he. (Ayu S. Irawati/E04)