Meniru Beauty Vlogger, Yes or No?

Kini, belajar dandan lebih mudah karena ada video dari para beauty vlogger. Nggak jarang, masyarakat awam langsung meniru para beauty vlogger itu. Benar nggak sih?

Meniru Beauty Vlogger, Yes or No?
Meniru Beauty Vlogger, Yes or No? (Inibaru.id/Ayu S Irawati)

Inibaru.id – Perkembangan teknologi membawa perubahan pada segala lini termasuk profesi. Kini, profesi nggak melulu guru atau dokter, banyak juga profesi yang antimainstream seperti profesi beauty vlogger. Para beauty vlogger itu biasanya membuat konten vlog tentang pendapatnya tentang suatu produk baik make up maupun skin care atau membuat konten tutorial make up.

Tentu mereka menyajikan pembahasan yang persuasif mengenai make up dan skin care. Nggak jarang penonton jadi gampang tergoda untuk membeli dan memakai produk yang sama digunakan beauty vlogger tersebut.

Widya Pangestika, mahasiswa Universitas Brawijaya Malang mengaku pernah tergoda untuk membeli produk yang dibahas seorang vlogger. Setelah dicoba, produk tersebut cocok untuknya sehingga dia masih menggunakannya sampai saat ini.

“Pernah tergoda, sih. Aku pakai suatu produk moisturizer karena dengar beauty vlogger. Awalnya, aku lihat review produk itu, lalu aku tanya ke teman-teman. Ternyata, mereka juga merekomendasikan produk itu,” ujar perempuan yang mengidolakan Suhay Salim dan Rachel Goddard ini.

Skin care dan makeup. (Wellingtoneuropeandayspa.com)

Nggak semua orang beruntung seperti Widya. Rendayu Lindung Bulan punya beberapa pengalaman buruk terkait hal ini. Perempuan asal Padang tersebut pernah membeli sleeping mask di Malaysia seharga ratusan ribu. Setelah dicoba, masker tersebut ternyata nggak cocok untuk kulitnya. Kulit Rendayu langsung berubah menjadi lebih sensitif dan kemerahan. Alhasil, Rendayu pun menghibahkan masker itu pada anggota keluarganya yang lain.

Review-nya menyakinkan banget. Pembawaan vlogger-nya juga nyenengin makanya aku iya-iya aja pas dia review. Little did I know, ternyata kulitku nggak cuma kering tetapi juga sensitif sama produk yang mengandung alkohol dan parfum,” tutur Rendayu.

Yap, wajar-wajar saja kita penasaran untuk mencoba produk tertentu yang direkomendasikan seorang vlogger. Namun, kita perlu berhati-hati dan nggak serta-merta membeli. Agar nggak kecewa, salah seorang Make Up Artist (MUA) di Semarang Devi Anggarani punya tips untuk kamu, nih.

“Kita harus tahu jenis kulit kita dulu, apakah itu berminyak, normal, atau kering. Biasanya di kemasan produk juga ada keterangan produk itu untuk jenis kulit apa. Jadi, boleh-boleh aja mengikuti beauty vlogger dengan menggunakan produk yang mereka review, tapi kita harus memilih yang sesuai dengan jenis dan keadaan kulit kita,” kata Devi.

Nonton video para beauty vlogger itu boleh banget, kok. Namun, jangan terburu-buru untuk membeli produk yang direkomendasikan para vlogger ya, Millens. Kamu harus memastikan dulu apakah jenis kulitmu memungkinkan menggunakan produk tersebut atau nggak. Kalau sudah yakin cocok, perhitungkan juga isi kantongmu ya. Jangan sampai kantongmu jebol. He-he. (Ayu S Irawati/E04