Line Buatkan Fitur Khusus Ibu Hamil

Angin segar bagi ibu hamil yang ada di Jepang. Line menyiapkan fitur agar ibu hamil dapat duduk dengan jenak di kereta. Gimana caranya?

Line Buatkan Fitur Khusus Ibu Hamil
Beban berat yang diemban ibu hamil di kereta. (Tahupedia.com)

Inibaru.id - Nggak sedikit ibu hamil (bumil) yang merasa kesulitan saat menaiki transportasi umum seperti komuter. "Menggendong" calon buah hati di perut, nggak jarang mereka masih harus berdiri atau berjuang mencari tempat duduk. Hm, kasihan ya, Millens!

Namun, kejadian semacam itu sepertinya nggak akan berlaku lagi di Tokyo, Jepang. Pada Jumat (8/12/2017), aplikasi populer Line telah menguji coba fitur baru yang diperuntukkan bagi bumil. Dengan fitur ini, para bumil bisa dapat tempat duduk di mana saja di komuter. Gimana cara kerjanya?

Bumil tinggal bilang ke Line kalau dia membutuhkan tempat duduk. Dia kemudian akan disambungkan ke penumpang lain yang telah menyatakan setuju memberi tempat duduk bagi bumil di kereta tersebut. Selanjutnya bumil akan mendapat peta tempat duduknya. Simpel banget ya, Millens!

Baca juga:
Keseruan Para Barista Cilik yang Menyeduh Kopi di KnK Koffee Resources
Ketika Sirine Mal Ciputra Semarang Berdering Kencang

Fitur hasil kerjasama tiga perusahaan besar, yakni Tokyo Metro Co, Dai Printing Nippon Co, dan Line Corp itu telah dijajal di Stasiun Ginza Line. Ini tentu menjadi kabar yang sangat baik buat para bumil. Nggak hanya itu, fitur Line tersebut juga dipakai para lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas, seperti diumumkan Dai Nippon Printing Co.

Lebih Peduli

Fitur ini dibuat agar pengguna ponsel pintar lebih peduli sekitarnya. Kecenderungan orang bermain ponsel di angkutan umum mengilhami pembuatan fitur ini. Seperti ditulis Mic.com (22/2), banyak orang terpaku pada layar ponsel dan nggak sadar ada orang di sampingnya yang membutuhkan tempat duduk.

Sebelumnya, pada Mei 2017, Jepang juga pernah meluncurkan layanan taksi untuk bumil. Taksi ini bisa digunakan bumil yang merasa kesulitan untuk bepergian.

Baca juga:
Tanaman yang Akan Menggantikan Lampu
Saking Buruknya, Puskesmas Ini Dianggap Kandang Kambing

Penyedia jasa transportasi, Metro Transit Authority (MTA),  juga telah mengistimewakan bumil di New York. Untuk mendapat fasilitas khusus, bumil harus memakai pin yang bertuliskan “Baby on Board” saat menggunakan angkutan umum. Pin itu berfungsi menginformasikan penumpang lain bila ibu itu membutuhkan tempat duduk.

Yap, bumil adalah sosok istimewa. Sudah selayaknya mereka dapat keistimewaan ya, Millens. Hm, kapan ya kira-kira fasilitas seperti ini ada di Indonesia? (IF/GIL)