Lima Tips Kerja di Rumah Agar Tetap Produktif

Lima Tips Kerja di Rumah Agar Tetap Produktif
Bekerja di rumah demi mencegah penyebaran virus corona. (Joe Giddens/PA Images via Getty Images)

Merebaknya wabah virus corona membuat banyak orang yang diimbau untuk bekerja di rumah. Untuk bekerja dari rumah, sebaiknya lakukan hal ini agar tetap produktif.

Inibaru.id – Wabah virus corona atau COVID-19 di Indonesia telah mempengaruhi berbagai bidang kehidupan. Nggak hanya membuat pemerintah memutuskan untuk meliburkan sekolah, menutup berbagai tempat wisata, dan melarang keramaian, namun kini juga banyak perusahaan yang juga sudah meminta karyawannya untuk bekerja di rumah atau work from home.

Meskilebih fleksibel, bekerja dari rumah juga rentan dengan berbagai gangguan. Nah agar tetap produktif, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk di rumah. Apa saja?

Menjaga Komunikasi

Bekerja di rumah. (gizmologi.id)
Bekerja di rumah. (gizmologi.id)

Meskipun rumahmu sangat nyaman, ada baiknya kamu benar-benar mempersiapkan ruangan atau tempat untuk bekerja agar bisa tetap produktif.  Patikan juga komunikasi dengan sesama rekan kerja tetap lancar.

Barbara Larson, ahli manajemen dari Northeastern University, Boston, Amerika Serikat, menyebut komunikasi harus diperhatikan jika kamu nggak sedang bekerja di kantor. Komunikasi ini nggak hanya dengan sesama rekan kerja, namun juga atasan. Pastikan untuk menggunakan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pekerjaanmu. Selain itu, cek jaringan internet agar bisa memastikan komunikasi tidak akan mengalami hambatan.

Tetaplah Menyiapkan Diri Sebagaimana Saat Bekerja di Kantor

bekerja di rumah. (nbcnews.com)
bekerja di rumah. (nbcnews.com)

Meski hanya bekerja di rumah, ada baiknya kamu tetap mandi dan menggunakan pakaian yang biasa kamu gunakan di kantor, bukannya baju tidur. Sara Sutton, Founder dan CEO dari Flexjobs menjelaskan bahwa bekerja saat masih belum mandi atau memakai pakaian tidur akan membuatmu kurang bersemangat dan nggak produktif.

Hindari Gangguan

Bekerja di rumah harus dilakukan tanpa gangguan. (antaranews.com)
Bekerja di rumah harus dilakukan tanpa gangguan. (antaranews.com)

Cobalah untuk bekerja di ruangan yang tidak mudah diganggu oleh orang lain seperti anak-anak. Jika konsentrasimu terbagi karena anak terus mengajak untuk bermain, tentu nggak akan bisa bekerja dengan maksimal, kan?

Sutton nggak menyarankan untuk bekerja di tempat tidur. Dia menyarankann agar kamu duduk di sebuah kursi dan menyiapkan meja di sebuah sudut ruangan yang jauh dari gangguan. Selain itu, beri tahu anggota keluarga bahwa kamu membutuhkan konsentrasi saat bekerja sehingga sebaiknya tidak diganggu.

Kondisikan Diri Agar nggak Merasa Terisolasi

bekerja di rumah sambil berinteraksi dengan rekan lainnya via internet. (easymeeting.net)
bekerja di rumah sambil berinteraksi dengan rekan lainnya via internet. (easymeeting.net)

Meski jauh dari rekan kerja, pastikan bahwa bekerja di rumah nggak membuatmu terisolasi. Cobalah untuk tetap melakukan aktivitas santai dengan mereka layaknya dengan berkirim pesan atau melakukan panggalina lewat aplikasi seperti WhatsApp atau aplikasi messenger lainnya.

Saling Memberikan Semangat

Saling memberikan semangat meski kerja di rumah. (indiatimes.com)
Saling memberikan semangat meski kerja di rumah. (indiatimes.com)

Meski terlihat sepele, saling memberikan semangat saat bekerja di rumah dan terus berkomunikasi dengan rekan kerja bisa membuatmu lebih produktif untuk menyelesaikan pekerjaan.

Millens apakah sudah mulai bekerja di rumah atau masih harus berangkat ke tempat kerja nih? (Det/IB09/E06)