Lima Tips Cerdas Sebelum Belanja Fesyen Online

Belanja fesyen secara online memang mudah dan praktis, tapi ada juga yang tertipu karena nggak selektif memilih barang. Nah, agar nggak tertipu belanja fesyen online, coba deh baca tips-tips berikut!

Lima Tips Cerdas Sebelum Belanja Fesyen Online
Tips belanja online. (maxmanroe.com)

Inibaru.id - Transaksi jual beli daring (online) khusuhnya fesyen sudah semakin menjamur dan diminati masyarakat. Selain lebih mudah, belanja secara daring juga dapat menghemat waktu. Tinggal duduk di rumah, semua barang dengan pelbagai pilihan yang diinginkan bisa diperoleh hanya lewat gawai masing-masing.

Namun, nggak jarang pembeli merasa tertipu saat belanja fesyen secara daring karena barang yang dipesan nggak sesuai dengan ekspektasi. Masalahnya pun beragam seperti barangnya nggak sesuai dengan foto yang ditampilkan, bahannya yang berkualitas jelek, hingga salah memberikan ukuran atau warna. Ini sangat dimaklumi karena pembeli tidak bisa melihat barang secara langsung.

Nah, agar nggak menyesal, Inibaru.id merangkum beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk belanja fesyen secara daring. Yuk, simak tips berikut.

  1. Lihat Testimoni Pelanggan Lain

Penilaian pelanggan. (Thebalacesmb.com)

Sebelum memilih toko fesyen daring, kamu bisa melihat reputasi toko tersebut dengan melihat komentar atau testimoni pelanggan lain. Jika kamu menemukan banyak respon negatif di dalamnya, lebih baik hindari belanja di toko online tersebut.

  1. Kenali Bentuk Tubuh

Kenali bentuk tubuh. (Bp-guide.id)

Saat belanja barang fesyen secara daring, masyarakat cenderung khawatir tentang ukuran busana. Nah, lebih baik kamu mengetahui bentuk tubuhmu terlebih dahulu sebelum belanja. Toko fesyen daring biasanya memberikan detail ukuran baju seperti lingkar dada dan panjang baju. Kalau perlu, ukur tubuhmu terlebih dahulu untuk mengetahui pakah baju tersebut pas untukmu.

Bila baju tersedia dalam beberapa ukuran, kamu bisa memilih ukuran yang biasa kamu beli atau ukuran yang lebih besar bila kamu ragu. Menurut Natalie Kingham, Direktur Pembelian Matchfashion.com, yang dilansir dari Kompas.com (16/4/2018), mengatakan lebih baik memilih pakaian dengan ukuran lebih besar daripada yang terlalu kecil.

  1. Perhatikan Rincian Barang

Perhatikan detail busana. (Jijup.com)

Masalah utama ketika berbelanja online adalah kualitas barangnya yang nggak sesuai ekspektasi. Banyak toko online yang memajang gambar bagus untuk menarik perhatian pelanggan. Setelah barang diterima, kualitas dan modelnya nggak sesuai seperti gambar yang ditampilkan.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu harus baca deskripsi rincian produk terlebih dahulu. Mulai dari bahan pakaian, ukuran, dan warnanya. Melakukan pengukuran terperinci juga penting karena ukuran dapat berbeda pada setiap merek.

Beberapa situs terkadang memberi informasi megenai ukuran setiap item yang tersedia. Jangan membandingkan suatu barang dengan model yang memakainya, karena bentuk tubuh setiap orang berbeda-beda.

Kamu juga bisa bertanya lebih detail ke customer service toko daring tersebut. Jangan sampai asal beli, karena sebagian toko daring nggak memperkenankan pelanggan untuk mengembalikan barang yang sudah dibeli.

  1. Teliti Merek

Teliti merek. (Cermati.com)

Jika kamu adalah pemula dalam dunia belanja online, mulailah dengan merek yang sudah terkenal, misalnya dari merek desainer yang cukup populer. Besar kemungkinan kamu akan menyukai desainnya dan tahu ukuran apa yang cocok.

Kenali merek, gaya, dan detail tertentu dari pakaian yang akan dipesan. Untuk pembelian berikutnya, simpan daftar merek yang telah dibeli sebelumnya dan catat ukuran apa yang pernah dipesan dan kekurangannya.

  1. Perhatikan Kebijakan yang Ditetapkan Penjual

Perhatikan kebijakan apa saja yang ditawarkan penjual. (Doku.com)

Setiap toko daring memiliki kebijakan masing-masing atas barang yang dijualnya. Kebijakan ini bisa mencakup pembayaran, pengiriman, pengembalian, ketersediaan produk, dan penggunaan voucher.

Toko online biasanya sering mengadakan promo ataupun memberikan diskon yang lumayan besar. Nah, kalau kamu kepincut pengin membeli, baca aturannya dulu.

Selain itu, baca aturan pengembalian barang bila ada. Kamu mesti baca syarat pengembalian barang dan bagaimana prosedurnya. Hal ini sangat penting. Ketika barang yang dibeli nggak sesuai, kamu masih dapat mengembalikannya dan toko memberikan barang baru.

Kalau sudah mantap pengin membeli barang, pastikan data yang kamu masukkan dalam pesanan itu benar. Cek ulang pesanan agar nggak keliru. Cek juga proses pengiriman barang dan estimasi waktu barang tersebut sampai di tanganmu. Kerap kali, toko online akan memberikan resi pengiriman kepada pembeli, jadi kamu bisa memantau barang pesananmu.

Sobat Millens, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghindari penipuan dan kekeliruan saat belanja online. Jadilah pembeli yang cerdas, agar kegiatan belanja fesyen secara daring bisa lebih nyaman dan menyenangkan. (Putri Rachmawati/E04)