5 Pola Pikir Nggak Sehat yang Harus Kamu Lawan Kalau Mau Sukses

5 Pola Pikir Nggak Sehat yang Harus Kamu Lawan Kalau Mau Sukses
Kamu nggak akan maju kalau midesetmu masih negatif. (Shutterstock)

Bisa jadi tertundanya kesuksesanmu lantaran pola pikir buruk yang selama ini kamu pelihara. Mindset jelek apa saja sih yang seharusnya kamu buang? Yuk simak!

Inibaru.id - Seringkali self-sabotage yang berbentuk pola pikir negatif menjadi penghambat kreativitas. Hal itulah yang  membuatmu nggak mau berpikir maju dan cenderung minder.

Kecenderungan menutup-nutupi agar terlihat semua baik-baik saja juga bukan langkah tepat. Sebab ini akan menjadi simalakama bagi kamu, Millens.

Mungkin kamu sering menuruti sikap ini dengan alasan demi kebaikan, tapi itu bukan solusi bahkan bisa menjerumuskanmu. Nah, agar kamu nggak terus menerus menyabotase diri dan menghambat kesuksesanmu, beberapa mindset ini harus kamu waspadai.

"Nanti sajalah."

Jangan sampai kamu menjadi orang yang bermotto "kalau bisa dikerjakan nanti kenapa harus sekarang?". Kamu harus sadar ketika kamu menunda aksi, reaksi juga akan terhambat. Nggak mau kan kalau kesuksesanmu nggak kunjung kamu raih gegara kamu hobi ngaret?

Lakukan apa yang harus kamu kerjakan sesegera mungkin. Toh kalau hasil kurang bagus, kamu masih sempat memperbaikinya.  

"Aku ikut arus saja."

Prinsip hidup go with the flow hanya akan mengajarkanmu bahwa hidup ini datar. Kamu juga akan semakin betah berada di zona aman. Kalau pengin hidupmu berubah, mau nggak mau kamu mesti ikut campur dalam mengubahnya. Jangan hanya pasrah menerima apa yang ada. Selama nggak merugikan orang lain kerja kerasmu patut kamu tingkatkan. 

"Aku masih menunggu waktu yang tepat."

Segudang rencana akan runtuh begitu saja jika nggak segera kamu eksekusi. Memiliki pertimbangan memang penting, tapi over-thinking bukan hal yang baik. Kebanyakan orang memakai istilah menunggu waktu yang tepat menjadi modus untuk menunda pekerjaan. Sudah saatnya kamu mulai bertindak. Melangkah lebih awal dan gagal jauh lebih baik ketimbang jalan di tempat. Memulai tanda kamu sudah siap menjalankan rencana ketimbang ribuan konsep tanpa hasil nyata.

"Bukan aku yang salah."

Mengakui kesalahan memang nggak mudah. Tapi menyalahkan orang lain atas kesalahan yang kamu perbuat merupakan pemikiran yang nggak sehat. Mengesampingkan ego dan bertanggungjawab menjadi hal yang seharusnya kamu lakukan. Manusia memang nggak akan pernah luput dari salah. Justru kesalahan bisa menjadi pengingat agar kamu bertindak lebih hati-hati.

"Aku nggak suka perubahan."

Suka atau nggak suka, perubahan merupakan hal yang pasti terjadi. Kamu nggak seharusnya takut menghadapinya dan berleha-leha di zona nyamanmu. Jika kamu terus-menerus menutup diri dari perubahan fase kehidupan, kesuksesan nggak akan pernah memihakmu.

Demikian 5 mindset yang harus kamu jauhi kalau mau sukses. By the way, mindset mana nih yang sering kamu pelihara? Yuk ah, Millens jadi lebih positif! (MG21/E05)