BerandaHits
Senin, 17 Okt 2022 18:56

Lima Langkah Mengobati Luka Hati usai Putus Cinta

Lima Langkah Mengobati Luka Hati usai Putus Cinta

Ilustrasi: Tubuh kita sangat merasakan dampak fisik dan emosional dari putus cinta. Itu karena otak secara naluriah melihat sebuah hubungan adalah hal penting untuk bertahan hidup. (Pixabay)

Putus cinta sangat wajar menyisakan perasaan sedih, kesal, dan kecewa. Untuk menghilangkan luka hati seperti itu, ikutilah lima langkah berikut ini!

Inibaru.id - Sudah banyak tips yang dibagi-bagikan di internet tentang bagaimana cara mengobati luka hati akibat putus cinta. Tapi sakit yang dibuat oleh si dia terlalu dalam sehingga semua tips itu nggak bekerja dengan baik.

Kamu pernah mengalami kejadian di atas, Millens? Jika segala saran dan masukan dari teman dan tips yang beredar di dunia maya nggak memberikan pengaruh sama sekali, mungkin kamu perlu menyimak artikel berikut ini.

Ya, kali ini kita bakal mengulas pengaruh putus cinta terhadap psikologis. Menurut pakar psikologi Dr Wise, tubuh kita sangat merasakan dampak fisik dan emosional dari putus cinta. Itu karena otak secara naluriah melihat sebuah hubungan adalah hal penting untuk bertahan hidup.

“Ketika diaktifkan, sistem kepanikan dan kesedihan menciptakan gejala seperti penarikan diri yang menyakitkan yaitu sakit di hati, sedih, putus asa, perenungan, penyesalan, dan berkurangnya antusiasme untuk hidup," ujar Dr. Wise.

Oleh karena itu, ada beberapa cara yang sebaiknya kamu lakukan biar perlahan perasaan sakit hati dan sedih hilang. Bagaimana ya caranya?

Menerima Perasaan yang Ada

Ilustrasi: Biarkan perasaan sedih, kecewa, kesal, hingga resah itu dan jangan mencoba untuk menolaknya. (Shutterstock)
Ilustrasi: Biarkan perasaan sedih, kecewa, kesal, hingga resah itu dan jangan mencoba untuk menolaknya. (Shutterstock)

Saat putus cinta biasanya orang akan merasa sedih, kecewa, kesal, hingga resah dalam waktu bersamaan. Biarkan perasaan itu hadir dan jangan mencoba untuk menolak. Jika mengingkari perasaan itu, kamu akan sulit untuk berdamai dengan diri sendiri.

Tapi Jangan Mendalami Perasaan Itu

Jika kamu merasa sedih, berilah waktu untuk menangis, menjerit, dan berteriak untuk meluapkan emosi. Tapi, ketika waktu yang kamu sediakan sudah cukup, berhentilah menangis dan lanjutkan hal lain.

Putus Komunikasi dengan Mantan

Secara ilmiah, putus dengan pasangan maka berarti putus juga hormon perasaan baik yang kamu dapat dari pasangan. Meski berat dan menyakitkan, itu harus kamu lakukan.

Menjaga Diri Sendiri

Ilustrasi: Menonton film adalah salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan usai putus dengan mantan. (Freepik)
Ilustrasi: Menonton film adalah salah satu aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan usai putus dengan mantan. (Freepik)

Semua ahli sepakat bahwa menjaga diri di tengah patah hati adalah kuncinya. Periksa diri kamu sepanjang hari dan tanyakan, "Apa yang kubutuhkan?" Mungkinkah mandi air panas, menelepon teman, menonton film, perawatan tubuh, atau lainnya.

Buat Rutinitas Baru

Sadarilah bahwa perpisahan itu kemungkinan akan menyebabkan kekosongan dalam hidupmu.

Mungkin kamu dan mantan selalu pergi ke bioskop setiap hari Jumat, namun sekarang Jumat malammu terasa hampa. Alih-alih berkubang sendirian, kamu bisa menghubungi teman-teman atau mengisi waktu luangmu dengan menjalankan hobi.

Semoga tips ini bermanfaat jika suatu saat kamu merasa patah hati ya, Millens. (Siti Khatijah/E05)

Artikel ini pernah dimuat di Medcom dengan judul Cara Mengobati Luka tak Berdarah Usai Putus Cinta.

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved