Lima Kapal Nelayan di Pekalongan Ludes Terbakar

Lima Kapal Nelayan di Pekalongan Ludes Terbakar
Kebakaran kapal nelayan di Pekalongan, Jawa Tengah. (Antara Foto/Harvian Perdana Putra)

Sebanyak lima kapal nelayan di Pekalongan, Jawa Tengah terbakar pada Senin (17/9/2018). Diduga, penyebab awal kebakaran adalah percikan api dari proses pengelasan di salah satu kapal.

Inibaru.id – Lima kapal nelayan yang ada di dok kapal Sungai Loji, Kelurahan Panjang Wetan, Pekalongan Utara, Kota Pekalongan, Jawa Tengah terbakar pada Senin (17/9/2018) sore. Kobaran api yang cukup besar membakar habis lima kapal berjenis porsen 150 GT  itu.

Antaranews.com, Senin (17/9) menulis, Kepala Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Pekalongan Sugiyo menyebut lima kapal tersebut memiliki peralatan menangkap ikan jenis tuna dan cakalang. Kapal ini sebenarnya dalam tahap perbaikan di dok kapal pelabuhan di Kota Batik.

“Api mulai muncul pukul 16.30 dari salah satu kapal dan terus berkobar hingga Senin (17/9) malam. Badan kapal terbuat dari bahan plastik dan kayu sehingga kobaran api sulit dipadamkan meski petugas pemadam sudah mengerahkan 5 unit mobil untuk memadamkan api,” ungkap Sugiyo.

Kobaran api bahkan sempat semakin membesar dan membuat pemilik kapal lainnya panik. Kapal yang sempat bergeser ke timur juga membuat warga sekitar ikut cemas karena khawatir api merembet ke permukiman warga yang dekat dengan dok kapal.

Diduga, kebakaran ini dipicu percikan api dari peralatan las yang dioperasikan di salah satu kapal.

“Ada satu kapal yang sedang dilas. Sepertinya percikan api mengenai badan kapal dan menyebabkan kebakaran,” ucap Kapolres Kota Pekalongan AKBP Ferry Sandi Sitepu.

Ferry menyebut proses pengelasan berlangsung di Kapal Inti Makmur. Kendati begitu, penyebab pasti kebakaran kapal masih petugas kepolisian. Sejumlah pemilik kapal dan saksi dimintai keterangan untuk mengetahui penyebab kebakaran.

Nggak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, kebakaran yang hebat mengakibatkan kerugian yang ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Nah, hendaknya kamu selalu berhati-hati ya saat melakukan aktivitas yang melibatkan api. Tentu saja supaya nggak terjadi kebakaran, Millens. (IB09/E04)