Lima Jalur Pendakian Gunung Merbabu Kembali Dibuka

Lima Jalur Pendakian Gunung Merbabu Kembali Dibuka
Jalur pendakian Gunung Merbabu via Selo, Boyolali kembali dibuka. (Priyadidanu)

Mulai Jumat (21/6/2019) besok, lima jalur pendakian Gunung Merbabu kembali dibuka. Kelima jalur pendakian itu telah diperbaiki sehingga lebih nyaman untuk dilewati.

Inibaru.id – Mulai Jumat (21/6/2019) besok, lima jalur pendakian Gunung Merbabu kembali dibuka setelah ditutup sejak 20 Mei lalu. Hal ini diungkap langsung Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Kepala Tata Usaha BTNGMb Johan Setyawan menyebut alasan utama penutupan selama satu bulan ini demi konservasi dan pemulihan jalur pendakian.

“Penutupan jalur pendakian Merbabu selama satu bulan demi pemeliharaan. Sebelum ini, jalur pendakian kondisinya cukup parah, licin, dan bisa membuat pendaki mengalami kecelakaan,” terang Johan seperti ditulis laman Antaranews, Rabu (19/6).

Jalur pendakian yang dibuka adalah Dukuh Genting (Boyolali), Desa Tarubatang (Boyolali), Kecamatan Selo (Boyolali), jalur dari Kopeng (Kabupaten Semarang), dan jalur dari Magelang.

Proses perbaikan jalur pendakian via Selo, Boyolali dilakukan petugas BTNGMb, komunitas pecinta alam, dan sukarelawan. Perbaikan ini berupa merapikan kembali jalur, pohon-pohon, ranting, selokan, dan lain-lain. Diharapkan, jalur nggak lagi mudah digenangi air atau licin sehingga lebih nyaman untuk dilewati.

“Petunjuk arah dan posisi juga sudah kami perbaiki sehingga bisa dijadikan pedoman bagi para pendaki,” lanjut Johan.

Di beberapa jalur pendakian yang terjal telah dipasang tangga atau alat bantu pijakan, khususnya pada tanjakan yang ekstrem dan licin. Jalur pendakian yang sempit sudah dilebarkan dan jalur yang terpotong aliran air juga sudah diberi jembatan.

“Khusus di jalur Thekelan, kami sudah buatkan jalur baru sepanjang 1,9 km,” terangnya.

Jalur baru juga dibuat di jalur pendakian Suwanting, Magelang. Pembuatan jalur baru ini dilakukan karena jalur sebelumnya mengalami longsor. Kini, jalur itu juga telah dipasang tali pengaman dan terap.

“Di jalur pendakian Wekas hanya dibersihkan dari rumput dan ranting. Lubang-lubang juga ditutup agar lebih aman untuk dilewati,” pungkasnya.

Tertarik untuk mendaki gunung setinggi 3.142 meter ini nggak, Millens? (IB09/E04)