BerandaHits
Minggu, 27 Nov 2022 20:00

Lima Hal Penting Agar Online Dating Berjalan Sesuai Harapan

Lima Hal Penting Agar Online Dating Berjalan Sesuai Harapan

Berkencan menggunakan ponsel sudah biasa terjadi pada masyarakat modern di kota-kota besar. (Kampuspsikologi)

Hati-hati menggunakan aplikasi pencari jodoh. Selain bisa mendapatkan pasangan sesuai impian, kalau nggak wasada kamu bisa mengalami hal-hal buruk seperti penipuan dan pelecehan.

Inibaru.id - Dulu, berkencan hanya bisa dilakukan jika kita bertemu secara langsung dengan pasangan. Dalam pertemuan itu, kita bisa melakukan banyak hal, misalnya makan bareng, nonton, mengobrol, dan jalan-jalan.

Tapi sekarang, berkencan nggak mengharuskan adanya pertemuan secara langsung, lo. Pada zaman ini, hampir segalanya dapat kita lakukan secara daring, nggak terkecuali kencan. Melalui layar ponsel, kita bisa melakukan tahap demi tahap proses mencari pasangan.

Pasti kamu sudah nggak asing dengan aplikasi pencari jodoh seperti Tinder, Tantan, MeetMe dan OKCupid, kan? Itulah aplikasi yang memfasilitasi para single dalam mencari jodohnya.

Jika beruntung, seseorang bisa mendapatkan pacar yang berlanjut hingga jenjang pernikahan. Tapi kalau belum berjodoh, jangan menyerah untuk melanjutkan pencarian.

Bermula dari kencan daring nggak sedikit yang sampai ke jenjang pernikahan. (Pixabay/Pexels)
Bermula dari kencan daring nggak sedikit yang sampai ke jenjang pernikahan. (Pixabay/Pexels)

Meski mengasyikkan karena dalam aplikasi kencan daring ini kita dihadapkan pada beragam karakter orang, namun bermain aplikasi kencan juga rawan bahaya seperti penipuan dan pelecehan seksual. Jadi sebaiknya sebelum kamu terlanjur asik bermain di dalamnya, ketahuilah hal-hal yang harus kamu lakukan agar kencan daringmu sukses. Berikut ini tips yang diberikan oleh psikolog Pingkan Rumondor supaya tujuanmu mendapatkan jodoh bisa tercapai.

Tetapkan Standar dan Nilaimu Sendiri  

Sebelum mencari pasangan, kamu harus tahu standar dan nilai diri sendiri. Ini berkaitan dengan kriteria pasangan yang kamu inginkan. Buatlah daftar kriteria pasangan secara spesifik. Dengan begitu kamu akan mudah menyortir orang-orang yang nggak masuk ke dalam kriteriamu.

Tetapkan Batasan Pribadimu

Dengan menetapkan batasan-batasan, kamu akan terhindar dari hal yang menjerumuskan. (Herway)
Dengan menetapkan batasan-batasan, kamu akan terhindar dari hal yang menjerumuskan. (Herway)

Menetapkan batasan pribadi pada saat kencan sangat penting. Beberapa contoh batasan yang kamu terapkan misalnya nggak memberikan hadiah, meminjamkan uang, atau membayar sesuatu untuk teman kencanmu. Selain itu kamu juga bisa menentukan batasan fisik misalnya dengan mengatakan nggak untuk sentuhan dan hal-hal yang berbau seksual.

Kelola Ekspektasimu

Di dunia maya banyak foto profil yang terlihat menarik. Padahal, belum tentu mereka semenarik itu di dunia nyata. Oleh karena itu, mengelola ekspektasi diri jadi sangat penting. Lebih baik kamu fokus pada hal-hal yang penting buatmu.

Jadi Diri Sendiri

Jangan mentang-mentang berkencan di dunia maya, segala informasi tentang diri kamu palsukan , ya! Semoga kamu juga nggak bertemu dengan orang yang memalsukan diri sendiri agar cepat mendapat pasangan.

“Kalau tujuanmu pengin mencari pasangan yang serius tapi kamu nggak menjadi diri sendiri, buat apa? Jadi waktu sudah masuk ke relationship offline malah capai sendiri,” ungkap Pingkan.

Percaya pada Firasat dan Intuisimu

Kencan melalui aplikasi memungkinkan kamu menjalin hubungan dengan seseorang yang tinggal di luar kota atau luar negeri. (Image-cdn.medkomtek)
Kencan melalui aplikasi memungkinkan kamu menjalin hubungan dengan seseorang yang tinggal di luar kota atau luar negeri. (Image-cdn.medkomtek)

Dalam melakukan kencan daring, kamu juga perlu melibatkan firasat dan intuisi. Ia akan membatasimu agar nggak terjebak dalam hal-hal nggak menyenangkan.

“Jika kencanmu tampak terlalu baik untuk menjadi kenyataan, mungkin memang begitu. Jika kamu merasa nggak nyaman, hentikan interaksi sejenak, tarik nafas, dan gunakan logikamu,” katanya.

Jadi, tertarik nggak nih cari pasangan melalui aplikasi kencan daring, Millens? (Idn/IB20/E05)

Tags:

Inibaru Indonesia Logo

Inibaru Media adalah perusahaan digital yang fokus memopulerkan potensi kekayaan lokal dan pop culture di Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Menyajikan warna-warni Indonesia baru untuk generasi millenial.

Sosial Media
A Group Member of:
medcom.idmetro tv newsmedia indonesialampost

Copyright © 2023 Inibaru Media - Media Group. All Right Reserved