Lima Fakta Menarik Kemenangan Timnas di Piala AFF U-22

Lima Fakta Menarik Kemenangan Timnas di Piala AFF U-22
Timnas U-22. (Goal.com/Faraby Firdausi)

Meski bisa dianggap sebagai kejutan, sebenarnya penampilan Timnas U-22 di ajang Piala AFF U-22 2019 cukup impresif. Fakta-fakta ini menjadi buktinya.

Inibaru.id – Kemenangan Tim Nasional (Timnas) U-22 Indonesia atas Thailand di babak final Piala AFF U-22 yang diadakan di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, pada Selasa (26/2/2019) dianggap sebagai salah satu kejutan yang menyenangkan. Nggak dibebani target sama sekali dan bahkan dianggap sebagai ajang uji coba, timnas justru mampu apik sepanjang turnamen hingga menjadi juara.

Kompas.com, Selasa (26/2) menulis, ada lima fakta menarik tentang kemenangan Timnas di ajang Piala AFF U-22. Berikut adalah fakta-fakta tersebut.

  1. Baru pertama kali mengikuti ajang ini

Piala AFF U-22 sebenarnya baru pertama kali diikuti Timnas. Turnamen ini pertama kali digelar pada 2005 lalu dengan nama Piala AFF U-23. Saat itu, Timnas nggak ikut ambil bagian. Sebenarnya, pada 2011 turnamen ini akan kembali digelar namun kemudian dibatalkan karena alasan teknis. Barulah pada tahun ini Timnas benar-benar terjun. Tanpa target apa pun, tanpa diduga Timnas justru mampu juara.

  1. Ada empat pemain yang nggak pernah dirotasi sepanjang turnamen

Dari total 23 pemain yang dibawa, empat pemain timnas U-22 selalu bermain sepanjang turnamen Piala AFF U-22. Mereka adalah Osvaldo Haay, Asnawi Mangkualam Bahar, Gian Zola Nasruloh, dan Muhammad Luthfi Kamal. Padahal, pelatih Indra Sjafri termasuk getol melakukan rotasi. Satu-satunya pemain yang nggak pernah mencicipi atmosfer pertandingan di turnamen ini adalah penjaga gawang Muhammad Riyandi.

  1. Enam pemain mencetak delapan gol

Hingga babak semifinal, Indonesia mencetak enam gol dalam empat pertandingan. Striker Marinus Wanewar menjadi pencetak gol terbanyak turnamen dengan tiga gol. Sisanya dibagi oleh Witan Sulaiman, Muhammad Luthi Kamal, dan bek Rachmat Irianto. Di babak final, Sani Rizki dan Osvaldo Haay menambah pundi-pundi gol timnas menjadi total delapan buah.

  1. Tak terkalahkan sepanjang turnamen

Timnas nggak pernah mencicipi satu pun kekalahan di turnamen ini. Di fase grup, Timnas meraih satu kemenangan dan dua kali imbang. Sementara itu, di babak semi final dan final, timnas bisa langsung memenangkan pertandingan tanpa membutuhkan babak perpanjangan waktu atau babak adu penalti.

  1. Hanya kebobolan empat gol sepanjang turnamen

Di fase grup, gawang Indonesia dibobol Myanmar saat bermain seri 1-1 dan Malaysia di pertandingan yang berakhir dengan skor 2-2. Setelahnya, Timnas mampu mengalahkan tuan rumah Kamboja dengan skor 2-0, menghabisi Vietnam dengan skor 1-0 di babak semi final, dan baru kebobolan lagi satu gol saat bermain di babak final.

Fakta-fakta ini membuktikan bahwa Timnas U-22 memang tampil impresif di ajang Piala AFF U-22 2019 ini, ya Millens(IB09/E05)