Lima Cara Mencegah Ular Masuk Rumah di Musim Hujan

Lima Cara Mencegah Ular Masuk Rumah di Musim Hujan
Menjaga rumah dari serangan ular. (Shutterstock)

Ular menjadi salah satu hewan yang ditakuti keberadaannya. Apalagi jika reptil tersebut berada di dalam rumah. Untuk mencegahnya agar tak masuk rumah, lakukan beberapa hal ini yuk!

Inibaru.id - Akhir-akhir ini, berbagai peristiwa ular kobra yang masuk ke perumahan meresahkan warga yang tinggal di beberapa wilayah kota di Indonesia. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menjelaskan, pada awal musim penghujan seperti sekarang ini merupakan waktu bagi kobra betina untuk menetas.

Peristiwa ular masuk ke dalam rumah tentu menjadi hal yang harus dihindari. Ini berkaitan dengan keselamatan keluarga yang ada di rumah. Melansir Rentokil Singapura, Rabu (18/12/19), berikut tips yang bisa diterapkan agar ular nggak masuk ke rumah.

Rawat Rumput di Halaman Agar Terus Pendek

jenis jenis rumput

Jaga rumput di rumah tetap pendek. (Phys.org)

Di bagian taman atau halaman yang ditumbuhi rumput tinggi bisa menjadi tempat bagi ular untuk bersembunyi dari serangan predator. Juga sebagai tempat menjaga kelembaban ular di area teduh. Sebab itu jagalah rumput agar tetap pendek.

Jangan Sampai Ada Tikus di dalam Rumah

Jangan sampai ada tikus di rumahmu.(University of Zurich/Linda Heeb)

Makanan utama bagi ular adalah tikus. Penciuman ular untuk mengendus tikus di rumah kamu sangat kuat. Mencegah hal itu terjadi, jagalah kebersihan rumah dari tikus.

Menutup Celah dan Lubang

Celah dalam dinding pastikan tertutup. (Dekoruma)

Ular memiliki tubuh yang fleksibel. Mereka dapat masuk ke dalam celah dan lubang dengan mudah. Pastikan celah atau lubang yang ada di rumahmu tertutup.

Memasang Pagar atau Dinding

Buat pagar.(Bengkelmaskinjaya.wordpress)

Membuat pembatas rumah seperti pagar atau dinding sangat disarankan agar rumahmu nggak dimasuki ular. Ini penting terutama jika letak rumahmu dekat hutan, sawah, atau kebun yang memiliki risiko lebih besar.

Halaman Bebas dari Bahan Bekas

Kreasi barang bekas menggunakan koper tua

Singkirkan bahan bekas. (Pinterest)

Tumpukan barang bekas, tumpukan sampah, dan daun-daun kering dapat menjadi tempat favorit ular bersembunyi. Juga bisa menjadi tempat ular untuk beristirahat dan menetap. Jadi jaga rumahmu dari tumpukan-tumpukan barang bekas ini ya.

Rumahmu sudah aman dari ular belum, Millens? Kalau belum jangan lupa aplikasikan cara-cara di atas ini ya! (MG26/E06)