Lima Cairan Ini Bisa Kamu Gunakan untuk Bersihkan Spons Make Up

Lima Cairan Ini Bisa Kamu Gunakan untuk Bersihkan Spons <em>Make Up</em>
Sampo bayi sebagai bahan pembersih spons makeup. (intothegloss.com)

Kamu pengguna setia spons makeup? Nah, berikut beberapa cairan pembersih yang bisa kamu pakai untuk membersihkan spons make up.

Inibaru.id – Bagi sebagian besar perempuan, memakai kosmetik bisa membuat mereka lebih percaya diri. Namun kebersihan alat make up jadi hal utama yang harus diperhatikan. Terutama alat-alat kecantikan seperti kuas atau spons yang harus rajin dibersihkan.

Pemakaian alat kecantikan yang kotor bisa bikin wajahmu terkontaminasi bakteri sehingga timbul jerawat. Nah, jika kamu adalah pengguna setia spons makeup, yuk simak cara membersihkan spons make up berikut pakai bahan sederhana ini!

Sampo Bayi

Sampo bayi. (intothegloss.com)

Sampo bayi ternyata bisa digunakan untuk membersihkan spons make up lo, Millens. Cukup rendam spons makeup atau beauty blender ke dalam air, lalu masukan sampo bayi secukupnya. Biarkan selama beberapa menit, lalu buat busa dengan sampo bayi tersebut. Setelah itu, bilas spons makeup atau beauty blender dengan air mengalir sampai bersih.

Cairan Pencuci Piring dan Microwave

 

Sabun cuci piring. (Shutterstock)

Selain ampuh untuk membersihkan noda berminyak dan bau nggak sedap pada alat makan, sabun cuci piring juga bisa digunakan untuk membersihkan spons make up lo. Caranya, cucilah spons makeup atau beauty blender dengan air di dalam mangkuk, kemudian tambahkan sabun cuci piring cair secukupnya. Lalu remas-remas spons di dalam air sabun hingga nodanya mulai terangkat.

Nah, untuk mendapatkan hasil maksimal, masukkan air sabun dan spons makeup tadi ke dalam mangkuk, lalu panaskan dalam microwave selama 1-2 menit. Oh ya, jangan lupa untuk memastikan mangkukmu aman masuk microwave ya!

Minyak Zaitun dan Sabun Cair

 

Minyak zaitun dan sabun cair. (femaledaily.com)

Campurkan minyak zaitun dan sedikit sabun cair dengan perbandingan 2:1. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada spons makeup dan rendamlah ke dalam air. Setelah ditunggu beberapa saat, remas-remas spons hingga sisa makeup yang menempel keluar. Lalu, bersihkan spons menggunakan air mengalir hingga bersih.

Alkohol

Alkohol. (nova.id)

Selain menggunakan sabun cair, kamu juga bisa menggunakan cairan alkohol untuk membersihkan spons make up. Basahi tisu dengan cairan alkohol, ambil spons dan tepuk-tepukan di atas tisu sambil sedikit ditekan. Nah, saat menepukkan tisu, sisa bedak atau foundation pada spons akan berpindah pada tisu. Selain menjadi bersih, spons pun akan terbebas dari bakteri.

Sabun Khusus Pembersih Alat Make Up

 

Pembersih makeup. (shopee.co.id)

Sabun khusus pembersih spons ini didesain dan diformulasikan agar dapat membersihkan spons secara maksimal. Beberapa sabun khusus untuk membersihkan alat make up ini bisa dengan mudah kamu dapatkan di pasaran.

Nah, itu lah beberapa pembersih spons make up yang bisa kamu coba. Yuk, jaga kebersihan alat makeup! (IB07/E06)