Lilith, Istri Pertama Adam, Perempuan yang Konon Lahir Sebelum Hawa

Lilith, Istri Pertama Adam, Perempuan yang Konon Lahir Sebelum Hawa
Ilustrasi: Lilith, istri pertama Adam yang juga dikenal sebagai vampir abadi. (Shutterstock)

Lilith merupakan sosok setan betina dalam folklor Yahudi. Ia disebut-sebut sebagai istri pertama Adam. Konon, ia diciptakan bukan dari tulang rusuk melainkan dari tanah. Karena sama-sama diciptakan dari materi yang sama, ia enggan takluk pada Adam hingga minggat dari surga.

Inibaru.id – Konon, sebelum Hawa, Adam sempat menikahi seorang perempuan yang diciptakan Tuhan dari tanah. Setidaknya, itu yang terdapat pada folklor Yahudi. Perempuan itu bernama Lilith. Sosok ini berasal dari kata Sumeria “lilitu” yang berarti roh angin atau iblis perempuan. Barangkali itu sebabnya ia dianggap sebagai perempuan paling berbahaya dan misterius di dunia.

Kisah tentang Lilith memang sangat kontroversi. Dikisahkan ia enggan dianggap sebagai second sex karena sama-sama diciptakan dari tanah. Yap, kisah tentang Lilith nggak jauh-jauh dari penolakan superioritas kaum Adam. Hm, baru tahu kan kalau kesetaraan gender sudah disinggung sejak abad-7?

Kisah Lilith Dalam Kitab Talmud Yahudi

Lilith kesal dan keberatan dijadikan “pelayan” bagi Adam karena merasa seharusnya mereka setara. Pokok permasalahannya, mereka diciptakan dari unsur yang sama yaitu tanah. Ketika berhubungan seksual pun ia nggak mau berada di bawah Adam.

Ia bahkan disebut lebih memilih membuahi dirinya sendiri dengan sperma laki-laki ketimbang berhubungan seksual yang mengharuskannya berada di posisi bawah.

Adam yang merasa ditentang nggak tinggal diam. Melalui tipu muslihat, ia berhasil membuat Lilith berada di bawah bahkan hamil. Lilith yang marah kemudian angkat kaki dari surga dan tinggal di Laut Merah.

Kesepian karena ditinggal istri pergi, Adam berkeluh kesah pada Tuhan. Kemudian diutuslah tiga malaikat Snvi, Snsvi, dan Smnglof untuk membawa Lilith kembali. Sayangnya, Lilith yang kadung sakit hati enggan pulang. Ketiga malaikat itu bahkan mengancam akan membunuh satu persatu anak Lilith jika ia nggak mau menurut.

“Tidak tahukah kalian jika aku diciptakan untuk membawa penyakit mematikan pada anak-anak manusia. Setiap bayi laki-laki yang dilahirkan, aku berkuasa atas hidupnya selama 8 hari dan untuk bayi perempuan aku berkuasa atas dirinya selama 20 hari,” kata Lilith angkuh.

“Jadi, kalau kalian ingin membunuhnya, lakukan saja sekarang. Itu malah meringankan tugasku,” lanjut ia.

Mendengar kata-kata Lilith, ketiga malaikat itu akhirnya nggak bisa berbuat apa-apa. Mereka kembali ke surga dengan tangan hampa. Mengetahui istrinya enggan kembali, Adam kembali berkeluh kesah mengenai kesepiannya kepada Tuhan. Untuk Adam, Tuhan menciptakan Hawa dari tulang rusuknya.

Cemburu dan Bekerja Sama dengan Iblis

Adam dan Hawa diusir dari surga. (Foma ru)
Adam dan Hawa diusir dari surga. (Foma ru)

Namanya juga mantan istri, secara naluri akan cemburu melihat mantan suami makin bahagia dengan istri barunya. Ia akhirnya bekerjasama dengan iblis yang juga menaruh dendam kepada Adam karena terusir dari surga dan menjadi makhluk terkutuk. Mereka berhasil membuat Hawa membujuk Adam yang sedang kasmaran untuk melanggar aturan; memakan buah khuldi.

Mengetahui hal ini, Tuhan murka dan mengusir Adam dan Hawa dari surga. Ternyata bagi Lilith dan iblis, pengusiran ini nggak cukup. Mereka masih merasa perlu mengganggu anak cucu Adam agar jauh dari surga.

Vampir Pertama

Melalui cerita yang menyebar ke utara Eropa, Lilith juga dikenal sebagai vampir pertama yang hidup abadi. Konon, ia akan keluar pada malam hari dan menculik bayi-bayi untuk diminum darahnya. Meski begitu, Lilith nggak akan mendekati bayi yang mengenakan jimat bertuliskan nama malaikat yang dulu menyuruhnya pulang.

Lilith hobi berburu bayi karena menurut sebuah versi ketiga malaikat yang diminta menjemputnya pulang benar-benar membunuh anak-anak Lilith. Dendam membuatnya berburu bayi dan meminum darahnya. Sosok ini disebut-sebut bertanggungjawab atas kematian bayi dengan sindrom kematian mendadak (SIDS).

Memberi Mimpi Basah

Dalam sebuah versi, Lilith dikisahkan berusaha kembali ke surga setelah enggan diminta pulang. Namun ia kecewa setelah melihat ada perempuan lain sebagai penggantinya. Ia kemudian bercinta dengan Adam ketika sedang tidur dan berhasil mencuri benih Adam.

Ia menggunakan benih itu untuk membuahi dirinya sendiri dan melahirkan banyak setan. Itu sebabnya ia disebut ibu dari para setan dan iblis. Lilith juga “dituduh” sebagai sosok yang bertanggungjawab atas mimpi basah seorang laki-laki. Dikatakan juga, sperma yang terbuang dari mimpi itu menjadi anak Lilith (setan).

Hm, menarik juga ya sosok simbolis ini, Millens? (Rmo, Mal, Brit, Ken/IB21/E03)