Liburan Murah? Bisa Kok!

Liburan Murah? Bisa Kok!
Liburan asik (dreamstime.com)

Jatah libur Lebaran tahun ini lebih panjang, lo. Nggak mau liburan gitu? Kalau mau liburan, coba deh baca tips berikut ini.

Inibaru.id – Momen Lebaran kerap dimanfaatkan untuk berlibur bersama keluarga. Nggak jarang ketika berlibur bersama orang-orang tersayang, anggaran yang sudah ditetapkan justru habis di luar perkiraan. Biar nggak boros, coba deh ikuti tips-tips berikut.

  1. Cek Harga Tiket Transportasi

Rajin-rajinlah mengecek harga tiket berbagai transportasi mulai dari tiket kereta api, bus, hingga pesawat. Jangan ragu membandingkan harga antarbiro. Pilih yang menawarkan harga paling murah. Jika kamu rajin mengecek, maka kecil peluangmu untuk melewatkan promo potongan harga.

Bila pengin berlibur menggunakan pesawat, ada baiknya kamu sudah membeli tiket trasportasi jauh sebelum hari pemberangkatan. Terkadang, maskapai akan memberikan harga yag murah bila kamu membeli jauh-jauh hari sebelum pemberangkatan.

  1. Tentukan Tujuan Perjalanan

Penting bagimu untuk merencanakan dan mencatat ke mana saja tujuanmu bepergian. Kalau kamu jalan-jalan tanpa mengetahui tujuanmu secara spesifik, bisa jadi waktumu kurang efisien, terlebih jika kamu belum mengenal lokasi tujuanmu. Selain buang-buang waktu, pengeluaranmu pun bisa membengkak. Pergilah ke lokasi yang nggak membutuhkan waktu yang lama dan mudah dijangkau transportasi umum.

  1. Bawa Uang Tunai dan Catat Pengeluaran

Dengan membawa uang tunai, kamu bisa mengecek langsung berapa sisa uangmu. Jika kamu takut kecurian, bawa saja seperlunya tapi pastikan kamu tetap membawa debit dan kartu kreditmu. Belanja boleh-boleh saja kok, asal nggak kalap.

Oh iya jangan lupa catat pengeluaranmu. Hal ini akan membantumu mengatur dan mengetahui ke mana saja alokasi pengeluaranmu.

  1. Atur Biaya Makan dan Biaya Penginapan

Agar bisa berhemat, kamu perlu tahu di mana kamu bisa mendapatkan penginapan yang nyaman dengan biaya yang murah. Selain itu, usahakan untuk nggak makan di lokasi wisata dan pilih rumah makan lokal karena harganya pasti lebih murah.

  1. Bawalah Botol Air

Ketimbang membeli air mineral di berbagai objek wisata yang kamu kunjungi, nggak ada salahnya kalau kamu membawa botol air sendiri. Dengan membawa bekal air minum, kamu nggak perlu mengeluarkan uang jika haus. Lebih hemat, kan?

Nah, gimana, sudah siap berlibur? Jangan lupa jaga kesehatan ya, Millens. (IB15/E04)