Liburan Ke Pantai Saat New Normal? Bisa Kok dengan Tips Ini

Liburan Ke Pantai Saat New Normal? Bisa Kok dengan Tips Ini
Tips aman liburan ke pantai saat masa new normal. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Di fase new normal, kamu bisa kok kembali bermain ke pantai. Hanya, kamu juga harus cermat agar nggak mudah tertular penyakit. Yuk simak tips-tips berikut kalau kamu mau ke sana!

Inibaru.id - Pandemi corona telah memaksa banyak orang tetap tinggal di rumah untuk sementara waktu. Bagi sebagian orang, hal ini memang terasa membosankan.

Namun, belum lama ini di beberapa daerah di Indonesia mulai melonggarkan pembatasan aktivitas masyarakat. Narasi new normal pun mulai gencar digaungkan pemerintah dan berbagai pihak lainnya. Kini, masyarakat secara perlahan bisa melakukan aktivitas seperti biasanya, termasuk berlibur ke pantai.

Eits, meski sudah bisa berlibur ke pantai, bukan berarti kamu bisa mengabaikan protokol kesehatan, ya. Yuk simak tips ini agar liburanmu aman terkendali!

1. Pilih Pantai yang Sepi

Pantai yang sepi lebih direkomendasikan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Pantai yang sepi lebih direkomendasikan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Anjuran untuk melakukan physical distancing harus tetap dilaksanakan saat berlibur di masa new normal. Maka dari itu, menjaga jarak minimal 2 meter harus senantiasa kamu patuhi, ya.

Agar lebih aman, sebaiknya kamu menghindari pantai-pantai yang populer dan sering dikunjungi banyak orang. Pilihlah pantai yang sepi pengunjung. Hal ini akan meminimalisasi penularan saat melepas penat di pantai.

2. Pakai Masker

Jangan lupa pakai masker! (Stock.adobe)
Jangan lupa pakai masker! (Stock.adobe)

Berlibur berarti kamu akan ke luar rumah. Hal ini berarti, kamu harus tetap memakai masker meski tujuannya adalah menikmati pantai.

Penggunaan masker ini dapat mencegahmu menyentuh wajah secara langsung dan terus-menerus. Selain itu, masker juga bisa menahan droplet yang bisa saja berisi virus atau bakteri penyebab penyakit. Masker sekali pakai lebih direkomendasikan, namun kalau kamu pakai masker kain, rajin-rajin mengganti dan mencucinya, ya, Millens?

3. Ganti Berjemur dengan Jalan-jalan

Jalan-jalan di pantai. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Jalan-jalan di pantai. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Berjemur menjadi salah satu aktivitas yang kerap dilakukan saat di pantai. Sayangnya, berjemur dapat meningkatkan risiko tertular virus, lo. Hal ini karena droplet akan jatuh dan dapat mengenai tubuhmu saat berjemur. Untuk menghindarinya, kamu bisa mengganti aktivitas berjemur dengan berjalan-jalan menelusuri pantai. Pasti seru!

4. Hati-hati saat Berolahraga

Berolahraga di pantai. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Berolahraga di pantai. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Selain berjemur, kegiatan yang biasa dilakukan saat di pantai adalah berolahraga. Di masa new normal, sebaiknya kamu menghindari aktivitas yang satu ini. Terlebih untuk jenis olahraga yang melibatkan banyak orang.

5. Hindari Makan di Ruangan

Pilih tempat makan yang menyediakan area luar ruangan. (Baligateway)
Pilih tempat makan yang menyediakan area luar ruangan. (Baligateway)

Saat berlibur ke pantai di masa new normal, usahakan menghindari makan di dalam ruangan. Kamu bisa membawa bekal dari rumah jika memang nggak lama di pantai. Hanya, kalau memang ingin menginap, pastikan bahwa tempat makan yang kamu kunjungi bersih dan sudah menerapkan protokol kesehatan, ya?

Melepas penat di pantai setelah berbulan-bulan di rumah aja memang baik untuk menjaga sistem imun. Tapi, jangan lupa untuk tetap menjaga kondisi kesehatan, ya, Millens! (Tra/MG27/E07)