Lewat PSI, Giring Nidji Ingin Manggung di Dunia Politik seperti Jokowi

Pak Jokowi memberi teladan bahwa seorang pemimpin yang jujur, bersih, dan bekerja keras, meskipun tanpa latar belakang keterlibatan politik yang panjang, bisa membawa perubahan berarti bagi kesejahteraan masyarakat luas.

Lewat PSI, Giring Nidji Ingin Manggung di Dunia Politik seperti Jokowi
Giring “Nidji” Ganesa (Foto: Banar Fil Ardhi/Kompas)

Inibaru.id - Dunia keartisan dan dunia politik merupakan dua wilayah yang jauh berbeda. Kendati demikian, keduanya memiliki satu kesamaan utama, yakni membutuhkan peran masyarakat untuk terus eksis di “panggung”. Maka, tak mengherankan jika banyak artis yang kemudian alih profesi menjadi politikus. Yang terbaru adalah Giring Ganesha.

Dilansir dari Detikcom, Rabu (6/9), pentolan grup band “Nidji” itu memutuskan mendaftar sebagai calon anggota legislatif (caleg) untuk Pileg 2019. Giring mendaftar melalui Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Iya, betul," kata Giring dalam konfirmasinya, Rabu (6/9).

Giring mengaku mendaftar sebagai caleg karena terinspirasi Presiden Joko Widodo. Jokowi dianggapnya sebagai sosok tokoh politik yang bersih dan pekerja keras.

"Pak Jokowi memberi teladan bahwa seorang pemimpin yang jujur, bersih, dan bekerja keras, meskipun tanpa latar belakang keterlibatan politik yang panjang, bisa membawa perubahan berarti bagi kesejahteraan masyarakat luas," tutur Giring dalam keterangan tertulis yang diterima Detikcom.

Baca Juga : Jateng Segera Menuju Provinsi Layak Anak

Suami Cynthia Riza ini memilih PSI sebagai kendaraan politik lantaran menilai PSI sebagai partai dengan banyak politikus baik di dalamnya. Ia melihat banyak kaum muda yang punya keinginan membangun bangsa di PSI.

"Bukan hanya karena PSI terdiri dari anak-anak muda, tapi saya melihat mereka ini kaum muda yang tulus ingin membangun Indonesia,” tutur Giring.

Dari beberapa kali pertemuan yang ia hadiri, Giring mengaku tak pernah sekalipun dirinya mendengar para anggota PSI bicara soal memperkaya diri, soal uang, dan keuntungan financial lainnya.

"Yang mereka bicarakan hanyalah soal bagaimana menjadikan Indonesia lebih baik. Karena itulah saya memilih bergabung dengan PSI," imbuhnya.

Giring juga mengatakan keputusannya itu didasari keinginannya agar anak-anaknya ke depan tumbuh jauh dari budaya korupsi serta bisa hidup di lingkungan yang menghargai keberagaman.

"Saya ingin anak-anak saya nanti tumbuh dalam Indonesia yang lebih baik, yang bersih dari korupsi, yang menghargai keberagaman," ujar Giring.

Baca Juga : Jateng Segera Menuju Provinsi Layak Anak

Ia mengaku, keinginannya untuk terjun ke dunia politik adalah murni karena rasa cintanya terhadap Indonesia.

"Saya mencintai Indonesia dan juga karena saya mencintai keluarga saya," pungkasnya.

Keinginan Giring ini tidaklah berlebihan. Ketenaran yang menjadi syarat mutlak sebuah pemilihan langsung sudah terpenuhi. Banyak penggemar yang bisa dipastikan akan mendukungnya. Dari segi tingkah laku, vokalis energetik ini juga tergolong sopan dan baik.

Lebih dari itu, Giring juga telah sejak lama menjadi simbol pemusik, atau bahkan sosok anak muda yang aktif bergerak di masyarakat dengan lagu-lagunya yang inspiratif. Siapapun pasti berharap, panggung politik tak akan mengubahnya menjadi Giring yang jauh berbeda dari ketika ia masih berada di panggung hiburan. Ya, semoga! (GIL/IB)