Lewat KAI Akses, Ubah Jadwal Tiket Keretamu dengan Mudah

Lewat KAI Akses, Ubah Jadwal Tiket Keretamu dengan Mudah
Ubah jadwal kereta dengan mudah lewat online. (Liputan6)

Jadwal tiket kamu harus diubah karena berbagai hal? Jangan khawatir, KAI menyediakan fasilitas baru untuk mengubah jadwal tiket secara mudah menggunakan aplikasi KAI Access.

Inibaru.id – Bepergian ke beberapa kota dalam satu bulan mungkin kamu lakoni. Salah satu transportasi yang umum kamu gunakan bisa jadi kereta api. Namun, terkadang ada hal yang memaksamu membatalkan atau mengubah jadwal. Salah satunya adalah imbauan agar tak mudik akibat wabah COVID-19, bikin tiket yang sudah kamu beli terpaksa dibatalkan atau diubah jadwalnya.

Nah, kabar gembira dari Kereta Api Indonesia (KAI) yang saat ini telah meluncurkan fasilitas ubah jadwal! Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa menjelaskan, sebenarnya cara mengubah jadwal tiket ini hampir mirip dengan proses membatalkan tiket. “Sebenarnya hampir sama, lewat KAI Access, tapi kita bedakan di menu E-ticket, klik tombol Ubah Jadwal,” ucap Eva.

Berikut ini proses-proses lengkapnya.

Masuk ke KAI Access dan Pilih Menu My Trips

Ubah jadwal lewat website resmi KAI Access. (Virustraveling)<br>
Ubah jadwal lewat website resmi KAI Access. (Virustraveling)

Pastikan kamu punya aplikasi KAI Access ya di androidmu. Kalau belum kamu bisa mengunduhnya di App Store, daftar sebentar dengan mengisi identitas diri. Setelah masuk, kamu bisa pilih My Trips. Di menu ini klik kode booking tiket yang pengin kamu ubah jadwalnya. Kalau kamu beli melalui kanal eksternal, kamu masih bisa lo menggantinya dengan nomor identitas pada tiket sesuai dengan nomor identitas akun KAI Access-mu.

Masuk Menu E-Ticket, Klik Ubah Jadwal, dan Pilih Nama Penumpang

Tiket dapat diubah ketika pembayaran sudah lunas. (Akamaized)<br>
Tiket dapat diubah ketika pembayaran sudah lunas. (Akamaized)

Ketika sudah masuk ke menu E-Ticket, klik menu Ubah Jadwal. Sebagai catatan, tiket dapat kamu ubah jadwalnya ketika dalam status lunas (terbayar) dan waktu dibatasi maksimal 24 jam sebelum keberangkatan kereta. Proses selanjutnya pilih nama penumpang yang hendak mengubah jadwal. Baca sekilas syarat dan ketentuan kemudian centang untuk persetujuan.

Cari Tiket, Konfirmasi Pemesanan dan Pembayaran

Pastikan tujuan baru kamu tepat. (Travelingyuk)<br>
Pastikan tujuan baru kamu tepat. (Travelingyuk)

Tahap selanjutnya, mulai dari awal lagi kamu bisa memilih stasiun awal keberangkatan, stasiun tujuan, dan tanggal keberangkatan untuk mencari tiket baru. Pilih jadwal yang kamu inginkan. Eits, pada tahap ini, pastikan jadwal baru sesuai dengan pilihan kamu. Kemudian, konfirmasi pembayaran. Pastikan harga yang kamu bayar sesuai dengan jadwal kereta baru yang kamu pilih.

Diakhiri dengan “Selamat Pemesanan Berhasil”

Selamat, jadwal kereta kamu telah diubah. (Gstatic)<br>
Selamat, jadwal kereta kamu telah diubah. (Gstatic)

Jika proses yang kamu lakukan benar, di akhir akan ada tulisan “Selamat Pemesanan Berhasil”. FYI, proses perubahan jadwal ini terdapat biaya administrasi sebesar 25 persen dari harga tiket. Ini di luar biaya pesan yang diubah ya, dengan pembulatan ke atas kelipatan Rp 1.000. Sebab itu ketika harga tiket baru lebih tinggi, kamu akan dikenakan biaya pembayaran dari selisih harga. Namun, jika lebih rendah akan dapat kembalian dari selisih harga.

Bagi kamu yang masih belum jelas, bisa menghubungi Contact Center 021-021, atau surel cs@kai.id. Semoga perjalananmu menyenangkan, Millens! (MG26/E06)