Lestarikan Batik Bantengan, Anjani Raih SATU Indonesia Awards

Menjadi salah seorang pelestari Batik Bantengan sekaligus mengajarkannya kepada anak muda menjadikan Anjani Sekar Arum sebagai penerima apresiasi SATU Indonesia Awards yang ke-9.

Lestarikan Batik Bantengan, Anjani Raih SATU Indonesia Awards
Penerima apresiasi SATU Indonesia Awards 2017 Anjani Sekar Arum (tengah). (Palapanews.com)

Inibaru.id – Untuk ke-9 kalinya, Astra Internasional kembali mengadakan acara SATU (Semangat Astra Terpadu untuk) Indonesia Awards. Dilaksanakan belum lama ini, Anjani Sekar Arum dinobatkan sebagai salah seorang penerima apresiasi SATU Indonesia Awards berkat idenya untuk melestarikan Batik Bantengan di Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Berawal dari impiannya untuk melestarikan kebudayaan lokal, Anjani mendirikan sanggar dan galeri batik Andaka di Kota Batu pada Agustus 2014. Dia mendesain sendiri berbagai motif batik Bantengan khas Batu dengan beraneka corak. Nggak hanya mendesain, dia juga sukses menarik minat anak-anak di sekitar tempat tinggalnya dan mengajari mereka cara membatik.

Sekitar 58 anak belajar membatik di sanggar Andaka saban sepulang sekolah. Dari kegiatan ini, Anjani nggak hanya dianggap telah melestarikan kebudayaan lokal, tapi juga berbagi keahlian  untuk generasi muda di daerahnya.

Selain Anjani, acara ini juga dihadiri oleh juri SATU Indonesia Awards sekaligus pakar teknologi informasi Onno W Purbo serta Guru Besar Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta Prof Fasli Jalal.

SATU Indonesia Awards merupakan sebuah program yang diinisiasi PT Astra International Tbk. Menurut Chief of Corporate Communications, Social Responsibility, and Security PT Astra International, Pongki Pamungkas, program ini diadakan untuk menjaring anak-anak muda di seluruh Indonesia yang memiliki kegiatan pemberdayaan di sekitarnya. (TS/GIL)