Lestari Moerdijat Minta Pemerintah Siapkan Petunjuk Pelaksanaan Pembatasan Skala Besar

Lestari Moerdijat Minta Pemerintah Siapkan Petunjuk Pelaksanaan Pembatasan Skala Besar
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. (Yayasan Dharma Bakti Lestari)

Menanggapi wacana penerapan kebijakan pembatasan sosial skala besar, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat meminta pemerintah untuk segera menyiapkan petunjuk pelaksanaannya guna mempermudah sosialisasi di masyarakat.

Inibaru.id – Pandemi corona (covid-19) yang melanda lebih dari 70 negara di dunia membuat pejabat pemerintah menyiapkan berbagai kebijakan yang mempengaruhi kepentingan orang banyak. Di Indonesia, salah satu kebijakan yang akan diterapkan adalah pembatasan sosial skala besar.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat secara khusus meminta pemerintah untuk segera mempersiapkan petunjuk pelaksanaan pembatasan sosial tersebut. Hal ini Dia ungkapkan lewat keterangan tertulis pada Selasa (31/3/2020) di Jakarta.

“Ini untuk menghindarkan timbulnya kegaduhan baru di tingkat masyarakat pada saat pelaksanaannya,” kata Lestari.

Aparat kepolisian mengarahkan kendaraan demi menerapkan pembatasan sosial (Antara/Ahmad Fikri)
Aparat kepolisian mengarahkan kendaraan demi menerapkan pembatasan sosial (Antara/Ahmad Fikri)

Poin-poin penting terkait petunjuk tersebut terdiri dari dasar hukum, tahapan, hingga tata caranya seperti apa. Hal ini untuk memudahkan petugas dalam mensosialisasikan kebijakan sekaligus menerapkannya.

Semenjak Predisen Joko Widodo berencana menerapkan pembatasan sosial berskala besar dengan mempertegas social distancing, perempuan sekaligus politikus Partai NasDem tersebut meminta pemerintah untuk mematangkan rencana tersebut.

Salah satu saran yang Dia sodorkan adalah pemerintah harus memastikan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat selama pembatasan sosial diterapkan. Saran ini sesuai dengan pernyataan Jokowi pada Senin (30/3) lalu di Istana Negara, Jakarta.

Presiden Joko Widodo. (Biro Pers Setpres/Muchlis Jr)<br>
Presiden Joko Widodo. (Biro Pers Setpres/Muchlis Jr)

“Saya minta pembatasan sosial berskala besar, physical distancing, dilakukan lebih tegas, lebih disiplin dan lebih efektif lagi sehingga tadi juga sudah saya sampaikan perlu didampingi kebijakan darurat sipil,”  kata Jokowi.

Meski begitu, Jokowi tetap meminta toko obat dan swalayan masih buka selama pembatasan sosial diberlakukan. Ini untuk menjamin suplai makanan dan kebutuhan masyarakat lainnya tetap terpenuhi. Penerapan protokol jaga jarak yang tepat juga harus diterapkan demi memberikan perlindungan bagi masyarakat.

Wah, sudah siap dengan pembatasan skala besar ini belum, Millens? (Med/MG26/E07)