Lestari Moerdijat: Konsensus Kebangsaan Jadi Sarana Bentengi Diri dari Pandemi

Lestari Moerdijat: Konsensus Kebangsaan Jadi Sarana Bentengi Diri dari Pandemi
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat via telekonferensi menyampaikan sosialisasi 4 Konsensus Kebangsaan . (Inibaru.id)

Bagaimana konsensus kebangsaan bisa menjadi sarana bentengi diri dari pandemi Covid-19?

Inibaru.id - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengadakan sosialisasi 4 Konsensus Kebangsaan bersama para tokoh masyarakat di Desa Bandungrejo, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Kamis (12/11/2020).

Dalam sosialisasi yang diikuti 150 peserta tersebut, legislator terpilih dari Dapil 2 Jawa Tengah (Demak, Kudus dan Jepara) itu menyampaikan pentingnya mempelajari dan menerapkan Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 45, yang disebut sebagai 4 Konsensus Kebangsaan.

Menurutnya, keempat konsensus kebangsaan itu kian penting diterapkan di tengah pandemi Covid-19 yang belum juga usai hingga saat ini. Penerapan nilai kebangsaan dalam bermasyarakat ini, lanjutnya, dapat ditemukan, misalnya dengan semangat gotong-royong dan saling bantu antar-lingkungan.

Pada kesempatan tersebut, Rerie, sapaan akrabnya, juga menyampaikan bahwa pemerintah sangat membutuhkan partisipasi aktif dari semua masyarakat.

“Menggunakan masker dan menerapkan protokol kesehatan bukan hanya benteng untuk diri sendiri, tapi juga bentuk saling menjaga dengan orang-orang di sekitar kita,” terangnya.

Perlu kamu tahu, sosialisasi yang dihadiri perwakilan dari berbagai elemen masyarakat di sekitar Demak itu digelar dengan protokol kesehatan yang cukup ketat. Sebelum memasuki ruangan, para peserta diharuskan untuk mengecek suhu serta mengenakan masker.

Selain pemaparan yang disampaikan Rerie via telekonferensi, para peserta juga disuguhi video tentang sejarah bangsa dan nilai-nilai yang menjadi pegangan Indonesia hingga saat ini. (IB04/E03)