Lengkap, Empat Klub Ternama Eropa Bertemu di Semifinal Liga Champions

Semifinal Liga Champions kali ini terasa istimewa. Hal ini lantaran empat klub yang masuk ke semifinal merupakan klub dari empat liga top Eropa. Wah!

Lengkap, Empat Klub Ternama Eropa Bertemu di Semifinal Liga Champions
Empat klub yang lolos ke babak semi final Liga Champions 2018. (Twitter/ChampionsLeague)

Inibaru.id – Drama demi drama menghiasi babak perempat final Liga Champions musim ini. Lolos secara  kontroversial, Real Madrid dan Bayern Muenchen membuat sejarah baru menyusul dua tim yang sudah memastikan diri lolos semifinal, Liverpool dan AS Roma.

Sejak 2010, baru kali ini babak semifinal diisi empat klub jagoan dari empat negara Eropa yang berbeda. Kompas.com (12/4/2018) menulis, Real Madrid (Spanyol), Bayern Munchen (Jerman), Liverpool (Inggris), AS Roma (Italia) untuk merebutkan tiket ke babak final Liga Champions.

Dalam pertandingan perempat final yang berlangsung dini hari tadi, Bayern Munchen yang sudah unggul 2-1 saat bertandang ke Sevilla bermain santai dan menahan imbang wakil dari Spanyol ini. Sementara itu, Real Madrid mengakhiri pertandingan dengan dramatis. Meski kalah 1-3 dari Juventus di kandang sendiri, Madrid lolos dari lubang jarum karena unggul agregat gol 4-3.

Namun, hasil pertandingan Real Madrid dan Juventus masihjadi perdebatan banyak pihak. Ini karena Real Madrid mendapat hukuman penalti di perpanjangan waktu babak ke-2. Sejumlah pihak setuju dengan penalti tersebut tapi sebagian lainya menilai penalti itu nggak layak diberikan. Kendati begitu, Real Madrid tetap lolos melaju ke babak semifinal.

Drawing (pengundian) semifinal rencananya bakal digelar di Nyon, Swiss, Jumat (13/4) besok. Pertandingan semifinal pertama bakal dilangsungkan 24-25 April 2018, sedangkan leg kedua digelar pada 1-2 Mei 2018.

Pada 2010 lalu, babak semifinal Liga Champions juga diisi empat klub dari negara berbeda, yakni Bayern Muenchen (Jerman), Inter Milan (Italia), Barcelona (Spanyol), dan Olympique Lyonnais (Prancis). Namun, semifinal tahun ini lebih spesial karena empat klub yang akan berlaga berasal dari empat liga top di Eropa, yakni Spanyol, Jerman, Inggris, dan Italia. Keempat liga dari negara ini memiliki nilai koefisien UEFA tertinggi. Sebagai informasi, nilai koefisien ini dihitung berdasarkan dari prestasi klub sebuah negara saat berlaga di ajang antarklub di Eropa.

Wah, bakal seru nih. Hayo, Sobat Millens dukung klub yang mana? (IB09/E04)