Lembaga Adat Nelayan Aceh Beberkan Pulau Baru yang Disebut Mahfud MD

Lembaga Adat Nelayan Aceh Beberkan Pulau Baru yang Disebut Mahfud MD
Ilustrasi- Mucnul pulau baru di Aceh. (TravelKompas)

Lembaga adat nelayan di Aceh, Panglima Laot membeberkan pulau-pulau yang pernah disebut Mahfud MD sebagai pulau baru di Indonesia. Benar nggak sih yang itu?

Inibaru.id - Di Aceh muncul pulau-pulau baru. Hal itu dinyatakan oleh Lembaga adat nelayan di Aceh, Panglima Laot bahwa banyak pulau baru di Aceh yang terbentuk akibat gempa besar pada 26 Desember 2004 dan 7 April 2010.

Pernyataan Panglima Laot itu dikatakan untuk menanggapi pernyataan Menkopolhukam Mahfud MD yang menyebut Indonesia mempunyai pulau baru di sekitar Aceh Barat.

Lantas benarkah pulau itu yang dimaksud Mahfud MD?

"Benar ada pulau baru yang muncul di kawasan Pulau Banyak, Kabupaten Aceh Singkil. Kami perkirakan itu (yang dimaksud Mahfud MD) atau yang di Simeulue," kata Wakil Sekjen Panglima Laot Aceh, Miftachuddin Cut Adek, Jumat (18/12).

Pernyataan Mahfud MD, memantik lembaga adat nelayan untuk berkomentar. (Medcom)<br>
Pernyataan Mahfud MD, memantik lembaga adat nelayan untuk berkomentar. (Medcom)

Pulau baru di Aceh Singkil yang berada di bagian barat Aceh itu dinamakan “Gosong Gulawan” atau berarti “karang emas”. Pulau itu terbentuk setelah gempa besar dengan kekuatan 7,2 Skala Richter mengguncang Aceh pada 7 April 2010.

 "Pulau tersebut punya diameter dasar 30 meter tinggi 8 meter," kata Miftach.

Miftach yakin pulau itulah yang dimaksud Mahfud MD. Kalau bukan Pulau Gosong Gulawan, kemungkinan lainnya adalah sejumlah pulau di Kabupaten Simeulue yang terbentuk akibat gempa besar Aceh berkekuatan 9,3 Skala Richter pada 26 Desember 2004.

Alasannya karena menurut Miftach nggak ada pulau baru di Aceh selain terbentuk karena dua gempa itu. Selain itu dia berharap agar kedua pulau itu bisa digarap untuk ekowisata atau jadi tempat istirahat bagi nelayan apabila lelah atau terkena badai.

Mahfud MD sebelumnya menjelaskan alasan Pulau Sipadan dan Ligitan lepas dari Indonesia berdasarkan putusan Mahkamah Internasional pada 17 Desember 2002 atau 17 tahun lalu. Kini dua pulau itu masuk wilayah Malaysia.

Berita terkait lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan bahkan disebut Mahfud sempat menutup kabar baik soal Indonesia yang baru mendapatkan tambahan pulau baru di sekitar Aceh Barat.

"Tapi orang tidak pernah berpikir juga bahwa tahun 2017 itu pemerintah justru mendapat tambahan pulau baru di Aceh Barat sana yang luasnya 20-2000 kali Pulau Sipadan Ligitan, baru diakui PBB sejak tahun 2017," ucap Mahfud, Rabu (16/12).

Wah, jadi ada berapa pulau di Indonesia saat ini ya, Millens? (Kum/IB28/E05)