Lelaki di London ini Sembuh dari HIV Tanpa Minum ARV

Lelaki di London ini Sembuh dari HIV Tanpa Minum ARV
Andy Castillejo, pasien HIV yang sembuh tanpa minum obat ARV. (Sciencemag.org)

Meski sudah lebih dari 30 bulan nggak minum obat antiretroviral (ARV), pasien ini bisa sembuh dari HIV. Kok bisa?

Inibaru.id – Selama ini, publik percaya bahwa penderita HIV/AIDS nggak bisa disembuhkan. Namun, belakangan ini muncul kabar tentang seorang pasien HIV yang sembuh meski nggak minum obat, kok bisa?

Pasien tersebut adalah Adam Castillejo. Lelaki berusia 40 tahun ini menjadi pasien kedua yang bisa sembuh dari HIV dalam sejarah. Menariknya, Castillejo sudah nggak lagi minum obat antiretroviral (ARV) selama lebih dari 30 bulan.

Jurnal The Lancet pada Selasa (10/3) mempublikasikan proses kesembuhan Castillejo. Kesembuhannya tersebut dia dapatkan seusai menjalani transplantasi sel punca. Terapi yang juga dikenal sebagai transplantasi sumsum tulang belakang ini ditujukan untuk penyembuhan kanker yang  juga dideritanya.

Sel punca yang ditransplantasikan ke tubuh Castillejo ini memiliki gen yang bisa memberikan perlindungan dari serangan HIV. Bahkan, sel punca ini mampu membuat virus HIV nggak bisa lagi menggandakan diri. Sel ini juga mampu menggantikan peran sel kekebalan tubuh untuk melawan HIV.

Andy Castillejo. (nytmes.com)
Andy Castillejo. (nytmes.com)

Castillejo mengungkap identitasnya setelah dokter memastikan bahwa di dalam jaringan tubuh, darah, serta spermanya nggak ada lagi virus HIV. Sebelumnya, Castillejo hanya disebut sebagai “pasien London” oleh para pakar kesehatan dan peneliti.

Sebutan “pasien London” ini disematkan pada Castillejo saat dirinya masih dalam kondisi remisi jangka panjang dari HIV selama 18 bulan. Sekitar 12 bulan kemudian, Castillejo pun dipastikan benar-benar sembuh dari HIV.

“Kasus ini menunjukkan penyembuhan HIV hampir pasti bisa dilakukan. Kini, sudah ada bukti dari pasien yang 2,5 tahun bebas dari obat ARV,” terang salah satu peneliti yang mengawasi kondisi Castillejo dari Universitas Cambridge, Inggris, Ravindra Kumar Gupta.

Proses pencarian obat dan terapi penyembuhan HIV masih dilakukan. (pmmc.or.id)
Proses pencarian obat dan terapi penyembuhan HIV masih dilakukan. (pmmc.or.id)

Sebelum Castillejo, ada satu orang yang juga bisa sembuh dari HIV, yakni Timothy Brown dari Berlin, Jerman. Brown sembuh dari HIV pada 2011 setelah berjuang melawan penyakit ini selama 3,5 tahun. Sebagaimana Castillejo, Brown juga menjalani terapi sel punca.

Sayangnya, sel punca nggak bisa didapatkan dari sembarang donor. Donor ini haruslah yang mengalami mutasi genetik langka sehingga membuat sel-sel ini mampu melawan HIV. Terapi ini juga cenderung memiliki risiko yang tinggi sehingga masih dijadikan upaya terakhir bagi penderita HIV demi membuatnya bertahan hidup lebih lama.

Semoga saja penelitian kesehatan bisa benar-benar menemukan terapi yang ampuh untuk menyembuhkan HIV dalam waktu dekat, ya Millens? (Kom/IB09/E06)

Tags :