Legenda Antariksa John Young Tutup Usia

NASA dan dunia perbintangan telah kehilangan pionirnya. John Young, legenda antariksa yang beberapa kali menapakkan kakinya di Bulan, meninggal dunia.

Legenda Antariksa John Young Tutup Usia
Thomas Mattingly II, John Young, dan Charles M Duke Jr dalam sebuah misi Apollo 16. (Medium.com)

Inibaru.id – Satu lagi “anak langit” harus kita relakan kepergiannya, Millens. John Young, astronaut National Aeronautics and Space Administration (NASA) meninggal setelah mengalami pneumonia. Jumat (5/1/2018). Pria 87 tahun itu sejauh ini dikenal sebagai pemimpin Apollo 16 yang mendarat di Bulan.

Seperti ditulis Reuters.com, juru bicara NASA, Allard Beutel menyampaikan kabar duka tersebut pada Minggu (7/1). Young meninggal di kediamannya di daerah Houston, Texas.

Baca juga:
Google Rayakan 25 Tahun Rafflesia Arnoldi
Para Petarung di Pilkada Jateng 2018

Young adalah orang pertama yang terbang sebanyak enam kali ke luar angkasa. Dia juga menjadi satu-satunya astronaut yang mengomando empat pesawat ulang alik dengan tipe yang berbeda. Sebelumnya, Young pernah dua kali meroket dengan Gemini, dua kali dengan Apollo, dan dua kali dengan pesawat ulang alik lain.

Pria kelahiran 24 September 1930 itu termasuk salah seorang yang terpilih untuk bergabung dengan tim kedua dari astronaut NASA pada 1962 bersama Neil Armstrong dan Jim Lovell. Dia menginjakkan kaki di Bulan untuk kali pertama pada April 1972. Dia menjadi pemimpin Apollo 16 dalam misi mendaratkan Apollo ke Bulan untuk kali kelima.

Menurut eks presiden AS George H W Bush, John Young adalah sosok patriot yang pemberani. Baginya, Young lebih dari seorang teman baik.

“Dia telah membantu mendorong sebuah penemuan di AS,” kenangnya.

Baca juga:
Kostum Hitam di Red Carpet Golden Globe Awards 2018
"Coco" Jadi Film Animasi Terbaik pada Golden Globe 2018

Sebagai informasi, Young dikenal sebagai antariksawan tiga generasi di NASA. Kiprahnya di “dunia langit” sudah nggak perlu diragukan lagi, Millens. Lulusan Teknik Penerbangan Institute of Technology Georgia itu menjadi bagian dari NASA untuk program astronaut pada 1962.

Selamat jalan, John Young! You’ve done well. (YFH/GIL)