Lebih Tahu tentang Awal Mula Hari Buku Sedunia

Setiap 23 April diperingati sebagai Hari Buku Sedunia dan Hari Hak Cipta Sedunia. Bagaimana sih awal mula Hari Buku ini tercipta?

Lebih Tahu tentang Awal Mula Hari Buku Sedunia
Ilustrasi membaca buku. (Shutterstock)

Inibaru.id – Setiap 23 April, masyarakat dunia akan merayakan Hari Buku. Selain Hari Buku, pada tanggal itu pula ada peringatan Hari Hak Cipta Sedunia, Millens. Perayaan tahunan itu sengaja digagas UNESCO sejak 1995 untuk mempromosikan gerakan membaca, penerbitan, dan hak cipta.

Pemilihan tanggal ini nggak sekadar acak, lo. Tanggal itu bertepatan dengan hari kematian sastrawan Inggris William Shakespeare dan penulis Spanyol Inca Garcilaso de la Vega. Dengan begitu, Hari Buku Dunia sekaligus sebagai ajang untuk mengenang hari kematian keduanya.

Ilustrasi membaca buku. (Ft)

Melansir Indonesiainside.id, Selasa (23/4/2019), hubungan antara 23 April dan buku bermula dari perayaan La Diada de Sant Jordi di Catalunya, Spanyol. Acara itu diadakan untuk memperingati hari kematian Saint George, seorang santo dari Catalunya.

Kala itu, perayaan La Diada de Sant Jordi hanya identik dengan pemberian mawar merah pada teman, keluarga, maupun pasangan. Namun sejak 1923, konsep perayaan sedikit berubah, Millens.

Pada 23 April 1923, para pedagang buku di Catalunya merayakan La Diada de Sant Jordi dengan mengadakan festival buku. Hal itu nggak lain karena Saint George juga dikenal senang memberi buku dan menghadiri kegiatan yang berkaitan dengan buku.

Ilustrasi membaca buku. (istockphotos)

Di Indonesia, peringatan Hari Buku baru dimulai sejak 2006. Peringatan ini diprakarsai Forum Indonesia Membaca. Perayaan itu sekaligus bertujuan untuk meningkatkan minat baca warga Indonesia.

Eits, tapi selain Hari Buku Sedunia, Indonesia juga punya Hari Buku Nasional, lo. Hari Buku Nasional diperingati setiap 17 Mei. Tanggal tersebut diambil sesuai dengan tanggal diresmikannya Perpustakaan Nasional RI pada 1980.

Selamat Hari Buku Sedunia, Millens! Gimana sih caramu merayakan Hari Buku? (IB10/E04)