Lebih Tahu Awal Mula Budaya Bridal Shower

Lebih Tahu Awal Mula Budaya <em>Bridal Shower</em>
Ilustrasi bridal shower. (Lenzo)

Akhir-akhir ini di Indonesia, acara bridal shower mulai banyak dilakukan untuk menyambut pesta pernikahan calon pengantin perempuan. Namun, rupanya tradisi ini sudah ada sejak abad 18, lo.

Inibaru.id – Menjelang pesta pernikahan, biasanya ada beberapa acara yang diselenggarakan khusus untuk calon pengantin perempuan. Dalam pernikahan adat Jawa misalnya, ada prosesi midodareni yang diadakan keluarga calon pengantin perempuan. Di pernikahan kekinian, ada juga budaya serupa midodareni yang disebut bridal shower.

Acara ini biasanya diadakan sahabat terdekat si calon mempelai perempuan. Dalam acara itu sang calon pengantin akan diberi pesta kejutan, hadiah, dan nggak lupa doa agar pernikahannya lancar. Acara ini ternyata bukan merupakan tren yang baru saja terjadi, lo.

Bridal shower biasanya diadakan oleh teman-teman calon pengantin perempuan. (Febriaming.blogspot)

Bridal shower berasal dari legenda di Belanda sejak 1890 seperti ditulis laman Detik, (13/11/2015). Legenda tersebut menceritakan seorang perempuan Amsterdam yang jatuh cinta pada seorang lelaki yang bekerja di sebuah pabrik. Lelaki tersebut gemar menolong orang lain meski hidupnya serba nggak berkecukupan. Nggak heran kalau dia punya banyak teman.

Karena kemurahan hatinya pula, si pria bersedia memberikan hartanya kepada si perempuan sebagai bekal pernikahan. Sayang, ayah si perempuan yang tahu pria tersebut memiliki kondisi finansial yang terbatas lebih mendukung si perempuan menikah dengan lelaki lain yang lebih mapan.

Perempuan Amsterdam itu pun nggak goyah dan tetap menikah dengan si lelaki meski mereka harus hidup dalam keterbatasan. Teman-teman si lelaki itu pun nggak tinggal diam. Mereka dengan senang hati balik menolong dengan membelikan perlengkapan rumah tangga sebagai hadiah pernikahan untuk si perempuan.

Legenda tersebut yang kemudian membuat bridal shower menjadi suatu tradisi yakni teman-teman calon pengantin akan datang sambil membawa hadiah. Tradisi tersebut banyak dilakukan di beberapa negara seperti Amerika, Kanada, Selandia Baru, dan Australia. Bridal shower biasanya dilangsungkan satu bulan sebelum pesta pernikahan atas inisiatif teman-teman calon pengantin perempuan.

Bridal shower nggak jarang menjadi ajang menjahili si calon pengantin. (Inspirasipagi)

Di Indonesia, tren bridal shower juga mulai banyak ditemui. Bahkan nggak jarang bridal shower menjadi ajang menjahili calon pengantin perempuan dengan mendandaninya seunik mungkin.

Saat kamu menikah nanti, bakal ada acara bridal shower nggak nih, Millens? Jangan lupa kode ke teman-teman ya. Ha-ha! (IB10/E04)