Lebih Dekat dengan Momo, Maskot Asian Paragames 2018

Lebih Dekat dengan Momo, Maskot Asian Paragames 2018
Mengenal maskot Asian Paragames 2018. (Sportku.com)

Sebulan sebelum pelaksanaan, INAPGOC membeberkan maskot Asian Paragames 2018. Mereka menamai maskot berbentuk elang bondol itu dengan Momo. Yuk, kenalan dengan Momo!

Inibaru.id - Setelah sukses menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Indonesia juga dipercaya menggelar Asian Paragames 2018 pada 8-16 Oktober mendatang di Jakarta. Sebagaimana Asian Games, Asian Para Games juga memiliki maskot resmi, Millens. Maskot Asian Paragames kali ini adalah Momo, elang bondol yang memakai sabuk khas budaya Betawi.

Kumparan.com (31/8/2018) menulis, elang bondol adalah hewan yang bisa dengan mudah ditemukan di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta. Bernama latin haliastur indus, elang bondol memiliki bulu berwarna putih pada bagian kepala dan dada dan bulu cokelat di bagian tubuh lainnya. Elang bondol sebelumnya dikenal luas sebagai maskot Provinsi DKI Jakarta.

Panitia Pelaksana Asian Paragames (INAPGOC) memilih elang bondol karena dinilai dapat melambangkan kekuatan dan keberanian yang sesuai dengan slogan ‘The Inspiring Spirit and Energy of Asia’ pada Asian Paragames 2018. Slogan ini sesuai dengan nilai-nilai Paralympic seperti kesetaraan, inspirasi, keberanian, dan determinasi.

Sementara itu, nama Momo adalah singkatan dari Motivasi dan Mobilitas. Nama ini berarti setiap orang berhak untuk terus bergerak maju dan beradaptasi dengan perubahan dunia.

Maskot Momo memakai sabuk khas Betawi yang melingkar di pinggang. Sabuk ini melambangkan kepahlawanan. Atlet-atlet yang akan berkompetisi di Asian Para Games 2018 bisa dianggap sebagai pahlawan karena mampu mengalahkan kekurangannya demi membela bangsa dan negara.

Pemilihan Momo sebagai maskot Asian Para Games 2018 tidak mendapatkan celaan atau olok-olok dari masyarakat. Banyak orang yang menganggap Momo sesuai dengan semangat ajang olahraga bagi atlet difabel se-Asia itu. Hal ini tentu sangat kontras dengan calon maskot Asian Games 2018 bernama Drawa yang mendapatkan ejekan masyarakat sehingga harus diganti dengan maskot Bhin-Bhin, Atung, dan Kaka.

Hayo, siapa nih yang pengin beli boneka maskot Momo? He-he (IB09/E04)