Lebaran di Tanah Rantau Antigalau dengan Cara-Cara Ini

Lebaran di Tanah Rantau Antigalau dengan Cara-Cara Ini
Ilustrasi berlebaran sesama anak rantau. (Ppibristol)

Berlebaran di perantauan memang bikin galau karena jauh dari keluarga dan kampung halaman. Meski begitu, rasa galau nggak boleh dibiarkan berlama-lama. Ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk mengusir rasa galau akibat gagal mudik.

Inibaru.id – Keterbatasan biaya, jadwal libur yang terlalu mepet, hingga kehabisan tiket kendaraan adalah alasan yang paling banyak ditemui anak perantauan. Kalau sudah begitu, agenda mudik ke kampung halaman terpaksa ditunda atau bahkan gagal sama sekali.

Duh, jadi galau deh karena nggak bisa berkumpul bersama keluarga di momen setahun sekali ini. Namun, jangan terlewat galau ya, Millens. Ada hal-hal mengasyikkan kok yang bisa kamu lakukan untuk melewati Lebaran di tanah rantau.

Belanja Bahan Makanan

Belanja kebutuhan makanan karena saat lebaran akan banyak warung tutup. (Getty Images)

Beberapa hari sebelum dan sesudah Lebaran, warung makan di sekitar tempat tinggalmu biasanya tutup, kan? Biar nggak kelaparan, kamu bisa belanja bahan makanan selama Lebaran. Berbelanja juga bisa dilakukan untuk mengusir galau karena rasa homesick, lo.

Masak Bareng Sesama Anak Rantau

Ilustrasi masak bersama sesama anak rantau. (Hipwee)

Saat Lebaran, kamu bisa masak-masak bareng teman sesama anak rantau. Masaklah hidangan khas Lebaran seperti opor atau rendang. Setelah itu, makan bersama-sama deh. Hal ini bisa sedikit mengobati rasa kangen kepada rumah, Millens.

Berkunjung ke Rumah Teman di Perantauan

Berkunjunglah ke rumah teman yang berasal dari kota tempatmu merantau. (Bertosaksonojati)

Kalau punya teman dekat yang rumahnya di kota perantauan, kamu bisa berlebaran ke rumahnya. Berkunjunglah sekaligus bersilaturahmi ke rumah temanmu. Jangan lupa hubungi temanmu terlebih dahulu sebelum berkunjung, ya.

Saatnya Liburan

 

Berlibur akan menjauhkanmu dari rasa galau karena gagal mudik. (Getty Images)

Karena nggak mudik, waktu libur Lebaran bisa kamu gunakan untuk jalan-jalan ke sejumlah destinasi wisata nih. Nggak perlu jauh-jauh, kunjungi saja destinasi wisata yang ada di kota tempat tinggalmu. Ajaklah teman sesama anak rantau biar lebih terasa seru.

Video Call Keluarga

Ilustrasi video call. (Sight Call)

Yang paling penting dan nggak boleh ketinggalan tentu saja menghubungi keluarga di rumah. Biar lebih puas, hubungi via video call. Hal ini bisa mengobati rasa rindumu terhadap kampung halaman, kan?

Meski harus berlebaran jauh dari kampung halaman, bukan berarti kamu harus berlarut-larut dalam kesedihan ya. Sambutlah hari kemenangan dengan penuh keceriaan. Selamat Lebaran! (IB10/E04)