Lebah Terbesar di Dunia Ditemukan di Maluku Setelah 40 Tahun Menghilang

Terakhir kali ditemukan 1981, sebuah tim peneliti berhasil menemukan kembali lebah raksasa Wallace di Maluku Utara. Seberapa besar sih lebah ini?

Lebah Terbesar di Dunia Ditemukan di Maluku Setelah 40 Tahun Menghilang
Lebah raksasa Wallace. (University of Sidney/Clay Bolt)

Inibaru.id – Dilaporkan telah menghilang sejak 1981, lebah raksasa Wallace atau Megachile Pluto tiba-tiba saja ditemukan kembali di Maluku Utara. Seperti apa rupa dari lebah ini?

Kompas.com, Kamis (22/2/2019) menulis, lebah ini memiliki ukuran luar biasa dengan panjang mencapai 4 cm. Lidahnya bahkan bisa mencapai 3 cm. Ukurannya yang luar biasa ini bahkan melebihi ukuran lebah madu Eropa.

Lebah raksasa Wallace ini kembali ditemukan oleh fotografer Clay Bolt, Ely Wyman dari Princeton University, Profesor Simon Robson dari Unversity of Sydney, dan Glen Chilton dari Saint Mary’s University yang memang membentuk tim untuk mencari keberadaan lebah ini di Maluku.

“Sangat menyenangkan bisa menemukan kembali serangga yang dianggap telah punah. Kami bahkan bisa menemukannya di alam liar,” cerita Bolt.

Penemuan ini bermula saat Bolt dan rekan-rekannya menemukan sarang rayap di pohon. Sarang ini memang cenderung disukai oleh lebah raksasa. Sebagai informasi, lebah raksasa betina mampu membuat sarang dan terowongan sendiri di pohon dengan memakai getah kayu. Mereka mampu membuat ruangan sendiri yang nggak bisa dicapai rayap.

“Rasanya luar biasa mampu mendengar kepakan sayapnya di dekat kepala saya. Spesies ini sangat cantik,” ungkap Bolt.

Penemuan lebah ini kemudian direkam oleh tim di dalam video yang kemudian diunggah dengan judul ‘B-Roll (!)’. Di dalam video ini, terlihat jelas kerasnya dengungan dari lebah tersebut.

Lebah ini pertama kali ditemukan oleh Alfred Russel Wallace pada 1850-an. Pria asal Inggris ini menemukannya di Indonesia. Hanya saja, lebah ini juga baru ditemukan lagi pada 1981 silam. Setelahnya, keberadaan lebah ini seperti lenyap ditelan bumi.

Semoga saja lebah ini nggak sampai punah dan tetap bisa hidup di dalam liar, ya, Millens. Jadi kita bisa menemukannya lagi di masa depan. (IB09/E05)