Layani Semarang dan Sekitarnya, KA Kedungsepur Bakal Comeback Per 8 Juni 2020

Layani Semarang dan Sekitarnya, KA Kedungsepur Bakal Comeback Per 8 Juni 2020
Kereta api lokal Poncol-Ngrombo bakal beroperasi lagi. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

PT Kereta Api Indonesia Daop 4 Semarang akan mengoperasikan Kereta Api lokal Kedungsepur. Kereta dengan tarif Rp 10 ribu sekali jalan ini punya rute dari Kota Semarang hingga Ngrombo.

Inibaru.id - Setelah sekian lama "hiatus", perjalanan kereta api lokal di Kota Semarang dan sekitarnya bakal comeback pada 8 Juni mendatang. PT KAI Daop 4 Semarang bakal mengoperasikan Kereta Api Lokal Kedungsepur dengan rute dari Semarang Poncol hingga Stasiun Ngrombo, Kabupaten Grobogan.

Kereta PSO (kereta ekonomi bertarif terjangkau) antarkota ini bakal dibanderol dengan tiket seharga Rp 10 ribu sekali jalan. Kereta yang tiketnya bisa dibeli langsung di loket dan KAI Access ini bakal berhenti di Stasiun Semarang Poncol, Tawang, Alastua, Brumbung, Gubug, Karangjati, Sedadi, dan Ngrombo.

Mulai 8 hingga 30 Juni, KA Kedungsepur bakal beroperasi dengan pembatasan kapasitas 50 persen atau sebanyak 68 dari 136 tempat duduk. Pengaturan tempat duduk ini merupakan upaya pembatasan fisik untuk para penumpang.

Stasiun Poncol bakal menjadi titik perjalanan KA Kedungsepur. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Stasiun Poncol bakal menjadi titik perjalanan KA Kedungsepur. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Penumpang yang akan menaiki KA Kedungsepur ini juga harus mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan. Protokol tersebut antara lain bersuhu maksimal 37,3 derajat Celcius, memakai masker dan menjaga jarak.

PT KAI juga meminta pada para calon penumpang agar patuh mencuci tangan sebelum memasuki stasiun. Petugas yang bertugas melayani dan kontak langsung dengan penumpang juga bakal melakukan protokol kesehatan dan assessment sebelum berdinas.

Selain itu, PT KAI juga meminta kepada pemerintah daerah dan tingkat desa agar lebih waspada mengelola perlintasan sebidang di wilayahnya agar tercipta keselamatan perjalanan kereta api dan pengguna jalan pada umumnya.

Berikut adalah jadwal KA Kedungsepur PP dalam sehari:

  1. Berangkat dari Stasiun Poncol  pukul 06.20 WIB dan tiba di Stasiun Ngrombo pukul 08.15 WIB; 
  2. Berangkat dari Stasiun Ngrombo pukul 10.00 WIB dan Tiba di Stasiun Poncol pukul 11.43 WIB; 
  3. Berangkat dari Stasiun Poncol pukul 14.10 WIB dan tiba di Stasiun Ngrombo pukul 15.53 WIB; 
  4. Berangkat dari Stasiun Ngrombo pukul 17.00 WIB dan tiba di Stasiun Poncol pukul 18.40 WIB.

Nah, sudah siap naik KA Kedungsepur lagi, Millens? (IB27/E03)