Layanan Pemendek URL Goo.gl Segera Dimatikan

Google bakal mematikan layanan pemendek URL Goo.gl. Layanan ini rencananya akan dihentikan pada 13 April 2018 mendatang.

Layanan Pemendek URL Goo.gl Segera Dimatikan
Layanan Pemendek URL Goo.gl bakal dihentikan layanannya. (Lazertecnologia)

Inibaru.id - Google memastikan bakal menghentikan layanan pemendek URL Goo.gl pada 13 April 2018 mendatang. Kendati begitu, pengguna lama masih bisa menggunakan layanan ini hingga setahun ke depan, setelah itu mereka nggak bisa lagi memakainya.

Detik.com, Senin (2/2/2018), menulis, Firebase Software Engineer Michael Hermanto menyebut Google memperkenalkan layanan pemendek URL ini sejak 2009 lalu. Semenjak layanan pemendek URL ini ada, pengguna internet mengalami perubahan saat berbagi informasi khususnya dalam hal berbagi URL dengan ukuran yang lebih pendek. Hal ini tentu sangat membantu pengguna saat hendak mengunggah sesuatu di media sosial dengan karakter yang terbatas seperti penerbit, pemasaran, dan agensi branding.

Namun, pihak Google beranggapan pemendek ini nggak diperlukan lagi. Ini lantaran perkembangan teknologi internet memungkinkan setiap orang untuk menemukan konten di internet dengan cara yang berbeda.

Adanya Firebase Dynamic Links (FDL) juga turut menyumbang keputusan Google untuk menghentikan Goo.gl. Menurut Hermanto, layanan FDL dianggap lebih baik bagi pengguna yang pengin mengakses lokasi spesifik di aplikasi internet, Android, atau iOS.

Bagi para pengguna lama Goo.gl, mereka masih bisa menggunakan layanan pemendek URL ini hingga 30 Maret 2019 mendatang. Setelah itu, layanan ini bakal benar-benar dihentikan selamanya.

Eits, jangan khawatir, tautan yang kamu hendaki tetap dipersingkat dan bisa dialihkan ke tujuan asli. Hanya saja, tautan itu nggak bakal dimigrasikan ke konsol firebase yang baru.

Nah, bagi sobat Millens yang sering menggunakan layanan pemendek Goo.gl, coba deh pakai layanan pemendek lainnya seperti Bit.do atau Adf.ly(AW/IF)