Laura Basuki Raih Penghargaan di Festival Film Berlinale 2022

Laura Basuki Raih Penghargaan di Festival Film Berlinale 2022
Laura Basuki mendapatkan penghargaan Silver Bear Festival Film Berlinale 2022. (Twitter.com/berlinale)

Hanya ada tujuh kategori penghargaan di Festival Film Berlinale 2022 yang digelar di Berlin, Jerman. Nah, Laura Basuki mendapatkan satu di antaranya berkat akting memukau di film Before, Now, & Then (Nana).

Inibaru.id – Kabar membanggakan datang dari aktris Laura Basuki yang meraih penghargaan di Festival Film Berlinale 2022. Dia mendapatkan Silver Bear untuk kategori Best Supporting Performance karena penampilan memukaunya di film Before, Now, & Then (Nana) yang disutradarai Kamila Andini.

Laura mengaku nggak menyangka bisa meraih penghargaan di festival film yang diumumkan di Berlinale Palast, Berlin, Jerman, pada Rabu (16/2/2022) ini. Sayangnya, Laura nggak bisa mendapatkan penghargaan tersebut secara langsung karena sudah kembali ke Tanah Air. Yang mewakilinya di acara tersebut adalah Kamila Andini.

Akun Twitter @berlinale juga sudah mengungkap penghargaan ini pada hari ini, Kamis (17/2) pukul 2:11 dini hari WIB. Di unggahannya, tertulis penghargaan yang didapat Laura Basuki lengkap dengan fotonya saat berakting di film bersama dengan tokoh utama yang diperankan Happy Salma.

Nah, Laura Basuki pun mengungkap kebahagiaannya dalam sebuah video. Dia mengaku nggak menyangka bisa mendapatkan penghargaan bergengsi ini. Laura juga nggak lupa berterima kasih ke semua orang yang bekerja sama dengannya di film tersebut.

“Saya sangat gembira dan merasa terhormat menerima penghargaan bergengsi ini. Tapi ini takkan terjadi tanpa kerja keras tim yang luar biasa,” ucapnya dengan Bahasa Inggris di video yang mulai beredar hari ini, Kamis (17/2).

Laura Basuki mendapatkan SIlver Bear di kategori Best Supporting Performance. (IG/Laurabas)
Laura Basuki mendapatkan SIlver Bear di kategori Best Supporting Performance. (IG/Laurabas)

Omong-omong ya, Millens. di Festival Film Berlinale, ada tujuh penghargaan utama. Khusus untuk Golden Bear, bakal diberikan ke film terbaik. Nah, enam lainnya adalah penghargaan Silver Bear. Jadi, karena Laura Basuki memenangkan satu dari enam Silver Bear pada penghargaan tahun ini, tentu hal ini sangat luar biasa dan harus diapresiasi.

Oya, film Before, Now, & Then (Nana) ini justru bisa dikatakan sangat Indonesia sekali meski judulnya memakai Bahasa Inggris. Latarnya di masa lalu, tepatnya di Jawa Barat di era 1960-an. Nah, film ini adalah adaptasi dari novel Jais Darga Namaku karya Ahda Imran.

Di film ini, tokoh utamanya adalah Raden Nana Sunani yang diperankan oleh Happy Salma. Nana saat itu harus mengambil banyak keputusan dalam hidupnya di masa di mana Indonesia masih banyak pergolakan hingga kehilangan ayah serta anak. Tatkala mampu kabur dan mengasingkan diri, dia menikah dengan seorang lelaki dan justru kemudian bersahabat dengan simpanan dari sang suami tersebut.

Laura Basuki memang dikenal sebagai salah satu aktris yang sering tampil di film-film besar. Sebelumnya, dia membintangi film biopik Susi Susanti: Love All yang menceritakan kisah legenda bulu tangkis Indonesia sang peraih medali emas pertama Olimpiade dari Tanah Air. Di film ini, dia mendapatkan penghargaan sebagai pemeran utama wanita terbaik d Festival Film Indonesia.

Selamat untuk Laura Basuki yang mendapatkan penghargaan di Festival Film Berlinale 2022. (Wik, Mer, Ber/IB09/E05)