Lars Vilks, Pembuat Kartun Nabi Muhammad Tewas Kecelakaan Mobil

Lars Vilks, Pembuat Kartun Nabi Muhammad Tewas Kecelakaan Mobil
Lars Vilks, pembuat kartun Nabi Muhammad tewas kecelakaan di Swedia. (AP Photo/David Keyton)

Lars Vilks, pembuat kartun Nabi Muhammad tewas kecelakaan mobil di Swedia. Kedua kendaraan yang terlibat kecelakaan bahkan sampai terbakar. Seperti apa sih kontroversinya?

Inibaru.id – Kepolisian Swedia memastikan bahwa Lars Vilks, pembuat kartun Nabi Muhammad tewas dalam kecelakaan mobil. Dia meninggal di usia 75 tahun usai kendaraan yang dia tumpangi terlibat kecelakaan dengan sebuah truk pada Minggu (3/10/2021) waktu setempat.

Vilks memicu kontroversi dengan membuat kartun Nabi Muhammad pada 2007 lalu. Hal ini membuatnya mendapatkan kecaman dari banyak umat muslim. Dia bahkan sampai mendapatkan ancaman pembunuhan. Yang ironis, dalam kecelakaan ini, dua polisi yang mengawal Vilks juga ikut tewas.

“Sama seperti kecelakaan di jalan lainnya. Tapi, karena dua polisi terlibat, penyelidikan ditugaskan ke bagian khusus pada kantor jaksa,” ungkap perwakilan dari Kepolisian Swedia.

Satu hal yang pasti, polisi nggak curiga kalau kasus kecelakaan ini karena kesengajaan atau bahkan terkait dengan tindakan kriminal. Sang sopir truk yang terlibat selamat dan kini dirawat di rumah sakit.

Kecelakaan itu sendiri terjadi di Markaryd, Kronoberg County, di Swedia Selatan. Di kota kecil ini, mobil yang ditumpangi Vilks bertabrakan ‘adu banteng’ dengan truk dari arah yang berlawanan.

Lars Vilks memicu kontroversi yang membuat Perdana Menteri Swedia turun tangan. (bt.dk/David Leth Williams)
Lars Vilks memicu kontroversi yang membuat Perdana Menteri Swedia turun tangan. (bt.dk/David Leth Williams)

Pihak kepolisian mengonfirmasi dua anggotanya tewas memang bertugas untuk melindungi Vilks. Sejak memicu kontroversi karena menggambar kartun Nabi Muhammad pada 2007, Vilks memang terus diawasi oleh kepolisian. Hal ini disebabkan oleh banyaknya umat muslim yang marah kepadanya. Bahkan, kelompok Al Qaeda yang dikenal radikal sampai menawarkan uang 100 ribu Dollar AS bagi siapa saja yang mau membunuh Vilks.

Kartun ini bahkan sampai memicu ketegangan di tingkat antar negara, lo, Millens. Saking parahnya, Perdana Menteri Swedia yang menjabat saat itu Fredrik Reinfeldt sampai menemui sejumlah duta besar dari negara-negara muslim demi meredakan ketegangan.

Sekitar enam tahun lalu, tepatnya pada 2015, Vilks bahkan sempat nyaris tewas akibat dibunuh. Saat itu, dia hadir di sebuah konferensi bertema kebebasan berbicara di Ibu Kota Denmark, Kopenhagen.

Terjadi serangan bersenjata yang brutal saat konferensi berlangsung hingga membuat seorang direktur film dari negara tuan rumah tewas. Saat itu, Vilks berhasil melarikan diri.

Meski aksinya memang nggak menghormati umat muslim dan memicu kontroversi karena menggambar kartun Nabi Muhammad, sebaiknya kita tetap bijak dalam mengomentari kematian Lars Vilks, ya Millens? (Det/IB09/E05)