Laporkan Hoax Sekarang!

Laporkan Hoax Sekarang!
banyak berita tentang hoax(Foto:Kabar Bohong)
817
View
Komentar

inibaru.id-Ada sejumlah cara yang bisa diupayakan untuk meminimalisasi perkembangan berita hoax yang tersebar di media sosial sehingga tidak memakan banyak korban. Salah satunya adalah melaporkan informasi hoax yang berkeliaran melalui sarana yang tersedia di masing-masing media.

Agar tak memunculkan kerugian bagi banyak orang, ketika Anda menemukan informasi maupun berita hoax, para netizen bisa melaporkan informasi hoax tersebut.

Jika para pengguna media sosial Facebook menemukan informasi atau berita yang terindikasi merupakan hoax, netizen bisa menggunakan fitur “Report Status”. Setelah itu Anda bisa menggolongkan informasi hoax yang diterima ke dalam beberapa kategori, baik sebagai hatespeech, harrasment, rude, threatening, maupun kategori lain yang sesuai. Ketika sudah ada banyak aduan dari netizen, biasanya Facebook akan menghapus status tersebut, sehingga peredarannya bisa dihentikan.

Sementara untuk Google, para netizen bisa menggunakan fitur feedback untuk melaporkan situs dari hasil pencarian apabila mengandung informasi palsu. Untuk Twitter, fitur yang bisa dimanfaatkan untuk melaporkan twit yang negatif, netizen bisa menggunakan fitur “Report Tweet”. Hal yang sama juga berlaku untuk Instagram.

Untuk mengadukan konten-konten negatif pengguna internet dapat melaporkan ke Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan melayangkan e-mail ke alamat aduankonten@mail.kominfo.go.id

Tak itu saja, netizen juga dapat memanfaatkan laman data yang disediakan masyarakat Indonesia Anti Hoax. Mereka menyediakan laman data turmbackhoax.id untuk menampung aduan hoax dari netizen. TurnBackHoax sekaligus berfungsi sebagai database berisi referensi berita hoax. (IP)