Langkah Mudah Bersihkan Noda pada Karpet

Langkah Mudah Bersihkan Noda pada Karpet
Cara efektif membersihkan noda di karpet. (Thespruce)

Karpet rentanterkena tumpahan minuman atau noda lain. Noda-noda itu bisa dihilangkan secara mudah dengan cara-cara ini.

Inibaru.id – Beberapa orang memilih menggunakan karpet untuk alas ruang tamu atau ruang tidur. Pemasangan karpet diharapkan bisa menahan dinginnya lantai saat seseorang berjalan atau melakukan aktivitas di atasnya. Namun, aktivitas yang dilakukan di atas karpet kerap meninggalkan noda.

Noda bisa datang dari tumpahan minuman atau kaki yang kotor. Kalau sudah terkena noda, karpet akan sulit dibersihkan. Eits, tapi dengan cara-cara ini, noda di karpet mudah dihilangkan, lo.

Kamu hanya perlu menyiapkan cairan pencuci piring, air dingin, dan air hangat. Jangan lupa juga siapkan botol semprotan kosong, lap microfiber, dan lap bersih.

Pertama, ambil dua botol semprot yang kosong, lalu isi dengan air dingin. Campurkan seperempat sendok teh cairan pencuci piring yang bertekstur ringan dan satu gelas air hangat.

Lalu, semprotkan larutan itu ke lap microfiber. Jangan langsung semprot larutan ke karpet, oleskan saja larutan itu pada titik karpet yang terkena noda. Sambil mengoleskan, gosok karpet yang terkena noda secara lembut. 

Saat noda sudah mulai larut, bersihkan dengan lap bersih. Ulangi langkah tersebut sampai noda benar-benar hilang.

Setelah itu, basahi kain bersih lainnya dengan air dingin. Gunakan kain tersebut untuk membilas larutan dari karpet, kemudian usap kembali dengan lap kering.

Terakhir, tempelkan kertas tisu di bagian yang telah disemprot. Lalu, letakkan panci yang tebal di atasnya. Maka, kertas tisu akan menyerap sisa noda di dalam karpet ketika dibiarkan semalaman. Keesokan harinya, gosok lembut bagian yang ternoda tersebut dengan jari tangan dan biarkan kering.

Jangan lupa untuk selalu mencuci karpet setiap 12 sampai 18 bulan ya, Millens. Oh iya setelah Lebaran seperti ini, karpet juga sebaiknya dicuci. (IB24/E04)