Lancarkan Distribusi Bahan Pokok, Ganjar Bakal Berdayakan Tukang Ojek

Lancarkan Distribusi Bahan Pokok, Ganjar Bakal Berdayakan Tukang Ojek
Ganjar Pranowo memastikan bahan pangan akan aman sampai tiga bulan ke depan. (Inibaru.id/ Audrian F)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan kalau bahan pangan aman. Namun di tengah pandemi corona seperti ini kesulitan distribusi bisa jadi kendala tersendiri bahkan bisa mempengaruhi inflasi. Dirinya pun berencana memanfaatkan keberadaan tukang ojek untuk mengatasinya.

Inibaru.id - Bulan Ramadan kian dekat namun pandemi corona masih melanda. Meski begitu, Gubernur Jawa Tengah sudah menyatakan kalau stok pangan di wilayah Jateng bakal aman.

Menurut Ganjar, Jawa Tengah masih mampu untuk memenuhi bahan pokok hingga tiga bulan ke depan. Stok beras bahkan bisa bertahan hingga tujuh bulan.

"Hari ini bagus ya. Ada laporan yang bisa memantau kondisi di lapangan," kata Ganjar, Kamis (9/4).

Meski sudah dikatakan bagus, namun Ganjar menggarisbawahi kalau ada beberapa jenis bahan yang mengalami penurunan harga maupun kekurangan stok. Karena itu, Ganjar meminta dinas terkait untuk terus memantau. Pasalnya, apabila luput, dia khawatir akan memicu tingginya inflasi di Jawa Tengah.

Harga bahan pokok ayam sedang merosot. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Harga bahan pokok ayam sedang merosot. (Inibaru.id/ Audrian F)

Sebagai catatan, Ganjar mengatakan, pada bulan Maret inflasi di Jawa Tengah hanya 0,02 persen atau lebih rendah dari bulan lalu Februari yang sebesar 0,44 persen dan nasionalnya 0,10 persen. Namun dirinya juga telah menyiapkan strategi untuk menutup adanya kemungkinan pemicu melambungnya inflasi dari jalan lain.

Setelah permasalahan ketersediaan bahan pokok beres, Ganjar berkata kalau kendalanya adalah pada sistem distribusi langsung kepada konsumen. Jika distribusi nggak lancar, akan mempengaruhi tingkat inflasi yang dikhawatirkan bisa lebih tinggi dari bulan lalu.

“Maka dari itu saya sudah siapkan jurus untuk keluar dari permasalahan tersebut,” ucap Ganjar.

Ganjar akan menggunakan ojek online untuk mendistribusikan bahan pangan. (Inibaru.id/ Audrian F)<br>
Ganjar akan menggunakan ojek online untuk mendistribusikan bahan pangan. (Inibaru.id/ Audrian F)

Jurusnya nggak lain adalah dengan memanfaatkan ojek daring maupun pengkolan untuk bergerak di bidang distribusi. Dengan catatan, para driver tersebut mesti dibekali dengan protokol kesehatan. Untuk merealisasikannya, Ganjar akan meneken MoU dengan operator ojek daring maupun pengkolan.

“Inilah pentingnya kerjasama dengan para transporter (ojek) itu. Bisa mobil maupun sepeda motor. Sehingga ada lapangan kerja baru. Tentu dengan pengelolaan yang lebih ketat," katanya.

Semoga permasalahan distribusi bahan pokok bisa segera diatasi ya, Millens. (IB28/E05)