Lama Menghilang, Winamp Bakal Kembali Beredar

Lama Menghilang, Winamp Bakal Kembali Beredar
Winamp bakal kembali beredar dan bakal bersaing di layanan musik streaming. (Flickr/ Christiaan Colen)

Belakangan ini, layanan pemutar musik streaming seperti Spotify dan Apple Music dipilih banyak orang. Nah, Winamp bakal kembali beredar untuk ikut bersaing dengan mereka.

Inibaru.id – Kamu termasuk dalam generasi yang mulai mengenal komputer di awal 2000-an? Kalau iya, pasti sangat akrab dengan aplikasi Winamp. Aplikasi ini bahkan sering dianggap sebagai pemutar musik default yang ada di komputer. Hal ini sangat berbeda dengan pemutar musik zaman sekarang yang jauh lebih bervariasi.

Beda dengan zaman sekarang di mana kebanyakan orang memilih untuk memutar musik secara streaming, dulu, kebanyakan orang memilih untuk mengunduh lagu dari internet dan menyimpannya sebagai file di dalam komputer sehingga bisa diputarkan saja sesuai dengan keinginan. Bahkan, mengunduh lagu dulu juga nggak mudah dan harus masuk ke situs-situs tertentu, Millens.

Kalau sekarang sih ya, kita cukup mengetik lagu atau musisi mana yang kita mau dengarkan di Spotify, Apple Music, iTunes, atau bahkan Youtube. Kita juga bisa membuat playlist sendiri di aplikasi-aplikasi streaming tersebut, deh.

Menariknya, meski zaman sudah berubah drastis, Winamp ternyata pengin kembali meramaikan dunia pemutar musik. AudioValley, pemilik sekaligus perusahaan induk dari Winamp memastikan aplikasi ini bangkit dari kubur demi memuaskan mereka yang masih ingin menggunakan Winamp.

Winamp baru bakal berbeda dengan Winamp lama yang kamu pakai di komputer. (Flickr/

Favio Gutierrez)
Winamp baru bakal berbeda dengan Winamp lama yang kamu pakai di komputer. (Flickr/ Favio Gutierrez)

Tapi, jangan kamu bayangkan Winamp yang baru nantinya bakal seperti dulu. AudioValley memastikan kalau Winamp baru bakal benar-benar berbeda dan berubah mengikuti perkembangan zaman. Hm, jadi penasaran ya seperti apa nanti tampilannya. Lantas, apakah bisa juga diubah-ubah tema alias skin-nya seperti di zaman dulu?

“Winamp baru nantinya bakal bisa kamu gunakan untuk memutar musik di manapun kamu berada. Layanan ini bakal membuatmu lebih dekat dengan para artis dan bakal jadi rumah bagi podcast musik dan stasiun favoritmu,” terang AudioValley.

Jadi ya, nantinya Winamp bakal jadi pemutar musik streaming layaknya yang digunakan kebanyakan penggemar musik di generasi muda. Mereka bakal bersaing dengan layanan Spotify dan Apple Music yang masih merajai segmen ini. Nah, AudioValley pun sudah bersiap untuk menggaet sejumlah brand demi memperlancar promosi.

Belum jelas juga apakah nanti layanan dari Winamp bakal gratis atau berbayar. Hm, kalau bisa sampai gratis dan pilihan musiknya lengkap, sepertinya bakal sangat menarik untuk dicoba, ya, Millens? (Det/IB09/E05)