Salah Informasi Soal Aksi Bagi-Bagi Ayam Gratis, Warga Pedurungan Pulang Gigit Jari

Salah Informasi Soal Aksi Bagi-Bagi Ayam Gratis, Warga Pedurungan Pulang Gigit Jari
Petugas menyemprotkan cairan desinfektan ke mobil pengangkut ayam sebelum ayam-ayam dibagikan. (Liputan6/Gholib)

Informasi yang salah nyatanya memang membuat banyak orang susah. Termasuk warga Pedurungan yang ikut mengantre untuk mendapatkan ayam boiler gratis. Di lapangan, hanya pedagang ayam yang telah didata yang berhak menerima ayam. Warga yang kadung berdesak-desakan itupun harus pulang dengan tangan kosong.

Inibaru.id - Marah dan kecewa mungkin dirasakan puluhan warga Pedurungan yang telah lama antre demi memperoleh ayam broiler secara gratis di Pasar Pedurungan. Penyelenggara nyatanya nggak memberi jatah untuk  masyarakat biasa melainkan para pegadang besar. Saat operasi pasar ini berlangsung kericuhan hampir saja terjadi.

“Saya sudah terlanjur ngantre di sini malah enggak dapat ayamnya. Padahal. Dari informasi di media sosial, ada 11.500 ayam yang dibagiakan gratis di pasar-pasar. Jelas kecewa apalagi kerjaan saya jadi terganggu,” ungkap Ruli warga setempat seperti dilansir Idntimes, Rabu (26/6).

Nggak hanya Ruli, Ansori yang mengajak buah hatinya mengantre di Pasar Pedurungan sejak subuh juga nggak mendapatkan ayam. Dia merasa nggak mendapati informasi soal pembagian ayam yang diprioritaskan untuk pedagang setempat. Ansori bersama warga lainnya terpaksa pulang dengan tangan hampa.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan dan Stabilisasi Harga, Dinas Perdagangan Kota Semarang Sugeng Dilianto, mengatakan masyarakat keliru menangkap informasi di media sosial perihal gelaran bagi-bagi ayam gratis di pasar tradisional.

Dinas Perdagangan Kota Semarang mengaku telah mendata jumlah pegadang yang akan menerima ayam-ayam ini, Millens. Jadi aksi bagi-bagi ayam ini bukan untuk warga biasa.

"Lha ini yang terjadi masyarakat salah menerima info yang beredar di medsos. Pembagian ayam khusus hari ini untuk menyikapi protes dari peternak karena harganya drop. Sehingga membuat peternak merugi," sergah Sugeng.

Adapun jumlah ayam yang dibagikan di titik Pasar Pedurungan sebanyak 1.250 ekor. Selanjutnya ayam-ayam ini akan disalurkan ke 13 titik lainnya yaitu Pasar Kedungmundu, Pasar Mrican, Pasar Meteseh, Pasar Gayamsari, Pasar Genuk, Pasar Udan Riris Tlogosari, Pasar Suryo Kusumo, Pasar Klitikan, RPU Penggaron, Pasar Banjardowo, dan Pasar Bangetayu.

Sobat Millens sempat ngarep dapat ayam gratis juga nggak? Ha ha (MG21/E05)