Karena Hal Ini Calon Ayah Juga Bisa Ngidam

Karena Hal Ini Calon Ayah Juga Bisa <em>Ngidam</em>
Laki-laki yang mengalami sindrom couvade bisa menyebabkan keluhan-keluhan layaknya ibu hamil. (sidomi.com)

Ngidam juga bisa dialami oleh para calon ayah. Fenomena ini disebut sindrom couvade. Berikut ini penjelasannya!

Inibaru.id - Meski ngidam identik dengan ibu hamil, tapi para calon ayah juga bisa merasakannya. Hal ini disebut dengan sindrom couvade atau kehamilan simpatik. Disebut dengan kehamilan simpatik karena sindrom ini biasanya dialami oleh laki-laki yang istrinya sedang hamil.

Sindrom ini biasanya dialami pada trisemester pertama dan trisemester terakhir. Sindrom ini akan segera hilang begitu si bayi lahir.

Belum diketahui pasti apa penyebab sindrom ini. Bisa jadi empati pada istrinya yang sedang hamil menyebabkan suami ikut stres dan cemas. Nah kecemasan inilah yang akan menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon stres atau kortisol. Dalam jangka waktu yang lama, kortisol dapat menurunkan kadar testosteron dan meningkatkan hormon prolaktin yang dapat menimbulkan gejala menyerupai keluhan ibu hamil.

Keluhan yang dialami seorang  suami yang terkena sindrom ini biasanya melebihi keluhan yang dialami istrinya. Mulai dari morning sickness, perubahan nafsu makan, moodswing hingga turunnya gairah seksual. Hmm

Tapi nggak perlu khawatir, Millens. Untuk mengatasi hal ini istri dan suami harus saling menguatkan. Mendiskusikan masalah rencana persalinan dan pengasuhan anak bisa jadi satu hal yng bisa mengurangi kecemasan berlebih. Mengisi waktu berdua dengan menghadiri prenatal class dan yoga untuk ibu hamil bisa jadi alternatif lian.

Tapi para suami perlu waspada jika hal di atas sudah dilakukan namun nggak kunjung merasa lebih baik. Segeralah menghubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai. Khawatir sama istri dan calon anak boleh, berlebihan jangan. (IB27/E05)