Lahir Rabu Pon, Begini Karakter Jokowi Ditilik dari Weton Jawa

Lahir Rabu Pon, Begini Karakter Jokowi Ditilik dari Weton Jawa
Presiden Jokowi ulang tahun ke-61. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Hari ini Presiden Jokowi berulang tahun ke-61. Berdasarkan kalender, orang nomor satu di Indonesia ini memiliki weton Rabu Pon. Seperti apa sih watak dan karakternya sesuai dengan primbon Jawa?

Inibaru.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) ulang tahun ke-61 pada hari ini. Dia lahir pada 21 Juni 1961 silam. Nah, kalau kita menilik penanggalan Jawa, Jokowi berweton Rabu Pon, Millens.

Dalam Primbon yang ada dalam buku berjudul Misteri Pranata Mangsa yang ditulis oleh Ki Hudoyo Doyodipuro, disebutkan bahwa weton Rabu Pon milik Jokowi menandakan kalau dirinya punya mongso Saddha dan Wuku Sungsang. Artinya, Jokowi dan orang-orang yang lahir di weton yang sama cenderung hidup dengan penuh keberuntungan. Mereka juga kerap membuat rencana dengan hati-hati, namun mau menerima ide dan peluang baru serta nggak mudah putus asa.

Meski secara fisik kurang menarik, orang-orang yang lahir dengan weton Rabu Pon mudah bergaul. Saat kecil, mereka cenderung pengin mendapatkan banyak perhatian. Sementara itu, saat sudah dewasa, orang-orang dengan weton ini mau menguasai banyak hal seperti ilmu, materi, atau bahkan kekayaan. Menariknya, asalkan mereka mau jadi diri sendiri, bakal disukai banyak orang, lo.

Mongso Saddha yang juga dimiliki oleh sang presiden menandakan kalau Jokowi punya kecerdasan yang hebat. Dia juga punya intuisi yang kuat. Perpaduan dengan kehati-hatian dalam mengambil keputusan membuatnya sering membuat keputusan yang baik.

Khusus untuk pergaulan sosial, orang-orang dengan mongso Saddha cenderung sering diandalkan oleh rekan-rekannya dalam memecahkan berbagai masalah. Dia juga dianggap jauh lebih sopan dari orang biasanya.

Jokowi memiliki weton Rabu Pon. (Detik/Biro Pers Sekretariat Negara)
Jokowi memiliki weton Rabu Pon. (Detik/Biro Pers Sekretariat Negara)

Sejumlah Fakta Terkait Kehidupan Jokowi

Presiden Jokowi dikenal sebagai laki-laki asli Solo, Jawa Tengah. Dia lahir dari pasangan Noto Mihardjo dan Sujiatmi Notomihrdjo. Selama kecil hingga menempuh pendidikan sampai SMA, Jokowi nggak meninggalkan kota yang juga kerap disebut dengan nama lain Surakarta ini, Millens.

Meski begitu, usai lulus dari SMA 6 Solo, Jokowi kuliah di Yogyakarta, tepatnya di Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM). Setelah itu, dia lulus dan bekerja pada sebuah BUMN hingga kemudian memilih untuk resign dan memulai bisnis mebel.

Bisnisnya maju pesat. Kliennya bahkan sampai ke luar negeri. Nah, sejak itu pula, dia kemudian masuk di dunia politik.

Namanya semakin harum kala mampu melakukan pembenahan di Solo sejak jadi Wali Kota pada 2005. Meski begitu, usai kembali menjabat pada 2010, Jokowi justru maju untuk mengikuti pemilihan Gubernur DKI Jakarta pada 2012. Kala itu, dia kembali memenanginya.

Nggak lebih dari dua tahun, Jokowi kemudian kembali maju jadi calon presiden. Dia juga memenangi pemilihan tersebut dan mulai menjabat pada 20 Oktober 2014. Kini, dia pun sedang menjalani periode keduanya hingga 2024 mendatang, Millens.

Selamat ulang tahun, Jokowi! (Sua, Tri/IB09/E05)