Lagu Rohani Paskah Pilihan, Berikut Liriknya

Lagu Rohani Paskah Pilihan, Berikut Liriknya
Ilustrasi perayaan Paskah. (Freepik)

Kamu yang pengin merasakan atmosfer Paskah bisa banget menikmati lirik lagu-lagu rohani Paskah berikut ini. Semoga suka cita Paskah umat Kristiani juga bisa dirasakan seluruh makhluk di dunia dan membawa pesan damai. 

Inibaru.id – Paskah merupakan perayaan umat Kristiani untuk memperingati kebangkitan Yesus Kristus. Perayaan ini diperingat pada Minggu pertama setelah bulan purnama pertama usai titik balik musim semi. Tahun ini, Paskah akan jatuh pada hari Minggu (4/4/2021).

Bagi umat Kristen, Paskah sangat penting untuk diperingati. Paskah bermakna kemenangan Yesus atas kematian. Yap, Yesus bangkit kembali setelah tiga hari meninggal akibat disalib.

Sejarah dan Makna Paskah

Sejarah Paskah

Sebelum membahas lagu rohani Paskah, ada baiknya kita menyegarkan pikiran mengenai sejarah serta makna Paskah. Perjanjian Lama menyebut Paskah sebagai perayaan orang-orang Israel ketika memperingati Passover atau bulan purnama pertama setelah ekuinoks vernal. Passover berarti “melewati” dan secara khusus dalam tradisi Yahudi merujuk pada perayaan pembebasan orang-orang Yahudi dari perbudakan Mesir.

Pun dalam Perjanjian Baru, Paskah juga menunjukkan kuasa Allah atas kasih dan anugerah yang meluputkan umat milik-Nya dari kematian. Dengan kata lain, Allah memberi jaminan kebangkitan kekal pada akhir zaman, melalui kebangkitan Kristus.

Perayaan Paskah di Indonesia. (Pegipegi)
Perayaan Paskah di Indonesia. (Pegipegi)

Makna Paskah

Paskah merupakan kebangkitan Yesus yang telah mengubah jalan hidup umat manusia. Umat Kristen percaya bahwa penyaliban dan kebangkitan Yesus terjadi ketika Passover tahun 30. Arti paskah merujuk pada kata eostur Norse atau ostara, yang berarti musim kelahiran baru. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Paskah dikaitkan dengan pergantian musim.

Merujuk Ensiklopedia Britannica, Paskah mempunyai makna kasih sayang, anugerah, serta bentuk kekuasaan Tuhan yang menjauhkan umat Kristen dari kutukan dan maut. Biasanya, umat Kristen menggelar Jumat Agung yang mana merupakan momentum memperingati penyaliban Yesus.

Lagu Rohani Paskah

Namanya juga hari istimewa, semua kebaikannya juga istimewa. Pada hari Paskah, ampunan dosa dan berkah melimpah ruah. Karena itu, umat diimbau untuk berdoa memohon keselamatan, ampunan dosa dan berkah yang melimpah. Momen ini akan dimanfaatkan Umat Kristen untuk meninggikan nama Tuhan Yesus Kristus. Salah satu caranya adalah dengan menyanyikan lagu rohani Paskah.

Ada beberapa lagu pujian dan penyembahan yang khusus diciptakan untuk dinyanyikan pada hari besar ini. Lagu-lagu rohani Paskah ini dipopulerkan oleh banyak penyanyi ternama.

Kamu yang sedang mencari lagu-lagu rohani Paskah dan lainnya untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, boleh banget ikut menyimak.

Gimana, semuanya sangat menyentuh dan menambah keimanan kan? Buat kamu, Umat Kristiani, selamat Hari Raya Paskah 2021 ya! (Yuk,Mer/IB21)