Lagi Tren, Tanaman Hias Ini Banyak Dipakai untuk Suvenir Acara Pernikahan

Lagi Tren, Tanaman Hias Ini Banyak Dipakai untuk Suvenir Acara Pernikahan
Tanaman hias mungil seperti ini sekarang laris untuk suvenir acara resepsi pernikahan. (Rukita.co)

Demam tanaman hias dialami banyak orang di Indonesia. Kini, tanaman hias bahkan sampai digunakan sebagai suvenir acara pernikahan. Jenis tanaman hias apa saja ya yang cocok buat ini?

Inibaru.id - Salah satu yang unik di acara pernikahan Indonesia adalah keberadaan suvenir pernikahan. Nah, suvenir ini bisa berupa kipas, gelas, peralatan makan, dan lain-lain. Menariknya, belakangan ini ada benda lain yang kini mulai beken dijadikan suvenir pernikahan, yakni tanaman hias.

Salah seorang penjual tanaman hias di Jogja, Ketut Ria Hertanti bilang kalau sebetulnya hal ini sudah jadi tren sejak tahun 2016, lo.

"Awalnya untuk kado wisuda, lalu berkembang menjadi suvenir nikahan," ujarnya.

Ketut Ria yang juga menjual tanaman hias lewat media sosial Instagram Teras Emakucing itu juga membeberkan harga tanaman yang dia jual. Rata-rata, harganya cukup terjangkau, yakni antara Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu. Itu semua sudah termasuk pot hias, pasir, dan goodie bag plastik.

Nah, tanaman hias apa saja sih yang bisa dijadikan untuk suvenir acara pernikahan? Berikut adalah daftarnya.

Kaktus

Kaktus mini. (Twitter/ProteaFlorist)
Kaktus mini. (Twitter/ProteaFlorist)

Tanaman ini jadi suvenir pernikahan selebritas Raisa dan Hamish Daud. Kaktus mini cocok jadi suvenir karena nggak perlu banyak disiram. Ukurannya yang mungil pun jadi gampang dihias.

Sukulen

Sukulen, tanaman hias kecil yang sedang tren. (Rupa-rupa)<br>
Sukulen, tanaman hias kecil yang sedang tren. (Rupa-rupa)

Sukulen juga lagi ngetren jadi suvenir pernikahan. Beda dengan kaktus, sukulen lebih bervariatif dan nggak berduri. Sukulen yang paling laris jadi suvenir antara lain adalah lidah buaya mini, sukulen zebra, dan sukulen roseum.

Bambu Hoki

Bambu Hoki dipercaya bawa hoki bagi pengantin. (HaiBunda)<br>
Bambu Hoki dipercaya bawa hoki bagi pengantin. (HaiBunda)

Bambu hoki biasanya dikemas dengan botol hias tembus pandang yang berbahan kaca atau plastik dan diikat dengan pita emas atau merah. Bagi masyarakat Tionghoa, bambu hoki ini dipercaya bisa mendatangkan nasib baik. Karena alasan itulah tanaman ini cocok dijadikan suvenir. Harapannya, bisa membawa hoki bagi pengantin.

Sirih Gading

Sirih Gading biasanya nggak dipesan dalam jumlah yang banyak karena ukurannya besar. (Shutterstock)<br>
Sirih Gading biasanya nggak dipesan dalam jumlah yang banyak karena ukurannya besar. (Shutterstock)

Jika Sirih Gading digunakan untuk suvenir, jumlahnya tentu nggak bisa banyak. Sebab, tanaman ini ukurannya terbilang besar jika dibanding tanaman hias sebelumnya. Kalau jadi suvenir pun, biasanya khusus untuk orang tertentu saja. Sirih Gading dikenal bisa menyerap racun dalam udara.

Sansivera

Lidah Mertua harganya cukup mahal, namun nggak mempengaruhi pemesan. (Kompas)<br>
Lidah Mertua harganya cukup mahal, namun nggak mempengaruhi pemesan. (Kompas)

Yang terakhir adalah Sansivera alias lidah mertua. Untuk tanaman yang satu ini, harga per potnya bisa mencapai Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu. Hanya, mengingat tanaman ini lumayan terkenal, tentu saja cocok untuk dijadikan suvenir pernikahan.

Nah, itulah tadi macam-macam tanaman hias yang sering dijadikan suvenir pernikahan. Kalau kamu paling suka yang mana, Millens? (Kom/IB28/E07)