Merapi Kembali Meletus, Abu Mengarah ke Barat Laut

Gunung Merapi kembali meletus pada Jumat (1/6/2018) pada pukul 08.20 WIB. Abu letusan terpantau mengarah ke barat laut.

Merapi Kembali Meletus, Abu Mengarah ke Barat Laut
Letusan kembali terjadi pada Gunung Merapi pagi tadi. (Twitter/BPPTKG)

Inibaru.id – Gunung Merapi kembali meletus pada Jumat (1/6/2018) pukul 08.20 WIB. Erupsi berdurasi dua menit dengan tinggi kolom 6000 meter ke arah barat laut. Letusan ini masih tergolong freatik meskipun sudah ada beberapa material magmatik.

Hal ini dikonfirmasi langsung Badan Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) lewat akun Twitter resminya. BPPTKG mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan waspada. Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk selalu memakai Alat Perlindungan Diri (APD) seperti masker, kacamata, dan jaket saat beraktivitas di luar ruangan.

Masyarakat sekitar juga diminta untuk menjauhi radius 3 km dari puncak. BPPTKG juga menganjurkan warga agar tetap memantau informasi terkini dan nggak termakan isu yang tidak dapat dibuktikan kebenarannya.

Pantauan dai Pos PGM Selo, saat ini mulai terjadi hujan abu. (Twitter/BPPTKG)

Kendati letusan kali ini cukup besar, Gunung Merapi masih berstatus waspada (level II). Sebelum ini, Gunung Merapi meltus freatik terakhir pada 24 Mei 2018 pukul 10.48 WIB. Erupsi tersebut berdurasi 2 menit dengan tingi gkolom 1.500 meter ke arah barat laut.

Bagi Sobat Millens yang berada di sekitar Gunung Merapi harap hati-hati ya. Semoga Merapi segera kembali normal. (IB11/E04)